Waktu Baca / 2 Menit

Laptop menjadi salah satu kebutuhan penting yang akan menjamin kelancaran Anda dalam bekerja. Tentunya dibutuhkan laptop yang memiliki performa terbaik agar pekerjaan bisa selesai dengan lancar. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan adalah kartu grafis VGA yang dipakai. Berikut adalah 5 tips memilih VGA laptop Asus yang pas untuk dipakai bekerja.

1. Perhatikan Jumlah Core

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa jumlah core pada kartu grafis yang akan dipakai. Poin ini penting untuk diperhatikan jika laptop memang akan dipakai untuk keperluan kerja. Jika jumlah core semakin banyak, artinya semakin banyak juga proses komputasi yang dapat dilakukan dalam satu waktu. Hal ini akan meningkatkan efektivitas Anda dalam menyelesaikan pekerjaan.

Sebagai gambaran, apabila GPU memiliki jumlah core 8 lalu Anda menggunakannya untuk mengerjakan 4 tugas maka 1 tugas akan dikerjakan oleh 2 core. Dengan begitu proses pengerjaan akan jauh lebih cepat. Sangat efektif bagi Anda yang memiliki banyak tugas dan harus mengerjakannya dalam satu waktu.

2. Cek Tipe Memori

Selanjutnya periksalah jenis memori yang digunakan oleh kartu grafis tersebut. Ada banyak sekali tipe memori yang bisa digunakan oleh kartu grafis mulai dari GDDR2, GDDR3, dan lain sebagainya. Sebenarnya tipe memori ini akan diberi kode sesuai urutan. Jika dilihat dari urutannya, maka semakin tinggi angka maka semakin bagus kemampuan yang dimiliki.

Mengapa tipe memori ini penting untuk diperhatikan? Ini merupakan poin penting yang akan berpengaruh secara langsung pada performa kartu grafis dan tentu saja laptop yang Anda gunakan. Apalagi untuk urusan pekerjaan, tentu jenis kartu grafis yang dipakai harus bisa menghadirkan performa yang memuaskan. Sesuaikan saja tipe memori dengan kebutuhan pekerjaan Anda.

3. Perhatikan Bandwidth

Hal berikutnya yang penting untuk dilakukan saat memilih VGA laptop Asus adalah memperhatikan bandwidth. Faktor ini juga akan sangat berpengaruh bagi performa laptop Anda. Bandwidth itu sendiri adalah jumlah data yang dapat diakses GPU dalam satu waktu. Jika kapasitasnya semakin cepat maka proses komputasi pun akan berjalan cepat.

Jika kapasitas bandwidth cepat maka jumlah frame gambar dalam hitungan detik akan semakin banyak. Hal ini akan menyebabkan kualitas gambar yang ditampilkan jadi lebih baik. Faktor ini juga jelas akan sangat berpengaruh pada kelancaran Anda dalam menyelesaikan pekerjaan menggunakan laptop.

4. Utamakan GPU

Penting sekali untuk memperhatikan faktor GPU saat membeli kartu grafis. Lain halnya dengan pembelian produk lain yang memperhatikan merek, justru pemilihan kartu grafis lebih mengutamakan GPU. GPU adalah komponen penting yang akan bertanggung jawab dalam perhitungan matematis untuk menghasilkan proses render gambar lewat layar monitor.

Pilihlah kartu grafis yang punya GPU Clock Speed tinggi. Hal ini akan menghasilkan kualitas grafis yang tajam, sangat dibutuhkan oleh Anda yang bekerja di bidang desain. Meskipun memang merek akan berpengaruh namun aspek GPU ini lebih utama untuk diperhatikan.

5. Sesuaikan Bujet

Biaya yang dibutuhkan untuk membeli kartu grafis juga harus menjadi bahan pertimbangan. Tentunya Anda sangat disarankan untuk membeli kartu grafis yang harganya sesuai dengan bujet. Jika bujet terbatas, sudah ada banyak pilihan kartu grafis yang ekonomis namun kualitasnya tetap bisa diandalkan.

Baca juga : Rekomendasi Kartu Grafis Nvidia Laptop untuk Kantor

Itulah 5 tips memilih VGA laptop Asus yang berkualitas. Tentunya kebutuhan pribadi Anda juga akan sangat berpengaruh pada pilihan jenis kartu grafis yang akan dipakai. Jadi sekali lagi pahami kebutuhan diri dan sesuaikan saja pilihannya dengan ketersediaan bujet untuk membeli kartu grafis tersebut.

Tulis Komentar