Waktu Baca / 2 Menit

Di kantor-kantor, penggunaan kertas HVS cukup rutin per harinya. Khususnya untuk kantor yang mengoperasikan bisnis berskala besar. Jenis kertas ini memiliki tekstur yang agak kasar. Dengan sifat seperti itu, maka penyerapan tinta pada mesin printer jadi lebih lancar.

Berikut jenis-jenis kertas HVS / Houtvrij Schrijfpapier jika merujuk pada ukurannya.

1. HVS Ukuran A5

Kertas A5 umumnya terdiri dari 3 ukuran dalam mm (145 x 210), cm (14,8 x 21,0), dan inci (5,83 x 8,27). Kalau dilihat sekilas, sama saja sih sebenarnya.

Pembedaan ukuran tersebut sangat terasa ketika ingin membuat desain lewat software seperti Corel Draw atau Adobe Illustrator. Di kantor-kantor, kertas A5 sering digunakan untuk apa saja?

Banyak sih fungsinya. Dengan ukuran yang relatif kecil, kertas A5 dipakai untuk membuat menu restoran/kafe, kartu undangan untuk pesta, serta brosur atau flyer. Di dunia percetakan buku, kertas A5 bisa dipakai untuk membuat buku novel, cerpen, ataupun karya tulis lainnya. Tapi seringkali menggunakan kertas warna kuning sih dibanding putih agar enak dibaca.

2. HVS Ukuran A4

Dibanding A5, jenis kertas A4 ini lebih sering digunakan di kantor-kantor.

Umumnya terdiri dari 3 ukuran dalam mm (210 x 297), cm (21,0 x 29,7), dan inci (8,27 x 11,69). Selain HVS, sebetulnya kertas A4 memiliki jenis lain seperti buffalo, folio, kuarto, plano, hingga polaroid.

Namun jika dibandingkan menurut harganya, paling terjangkau tetap HVS. Fungsi kertas A4 ini untuk mencetak dokumen, menulis tugas-tugas kantor, membuat jadwal, bikin sketsa dasar, dan masih banyak lagi.

Berhubung sifatnya yang multifungsi, maka penggunaan kertas A4 tidak terbatas di kantor-kantor saja. Seringkali digunakan pula di sekolah, kampus-kampus, serta instansi lainnya.

3. HVS Ukuran A3

Kertas A3 berjenis HVS rata-rata memiliki ukuran yang tipis. Kurang lebih tingkat ketebalannya berkisar antara 60 – 100 gsm. Di kantor-kantor, kertas ini dipakai untuk membuat laporan kerja, sebagai media cetak selebaran, hingga media gambar. Ketika dipakai sebagai media gambar, tingkat penggunaannya relatif jarang sih.

Ukuran kertas A3 dibagi menjadi tiga, yakni dalam mm (297 x 420), cm (29,7 x 42,0), dan inci (11,69 x 16,54). Selain HVS, kertas A3 juga tersedia dalam jenis lain seperti art paper, stiker chromo, linen, fancy, hingga ivory.

Dibandingkan kertas A4 dan A5, ukuran A3 lebih besar sehingga pemakaiannya tidak terlalu sering.

4. HVS Ukuran A2

Dilihat dari ukurannya, kertas A2 lebih kecil dibandingkan A1 dan A0. Sedangkan berdasarkan intensitas penggunaannya, kertas A2 relatif jarang dipakai bila dibandingkan kertas A4 dan A5. Di area perkantoran juga begitu. Paling-paling hanya dipakai untuk mencetak foto ukuran besar, poster, serta peta. Selain itu hampir tidak pernah dipakai.

Di pasaran, selain HVS, ada pula kertas A2 berjenis ivory dan dupleks. Ketiganya memiliki ukuran yang sama, yakni dalam mm (420 x 594), cm (42,0 x 59,4), dan inci (16,54 x 23,39).

Sebelum beli, pastikan kertasnya masih dalam keadaan segar (stok baru) agar daya serapnya pada mesin cetak terjaga.

5. HVS Ukuran A6

Meski ukurannya kecil, kertas A6 masih bisa digunakan untuk membuat nota belanja, daftar ide hasil brainstorming, serta selebaran. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kertas ini untuk bikin memo yang berisi pesan khusus. Misalnya suatu hari Anda mendapat tugas keluar kota. Sedangkan saat itu karyawan lain sudah pulang.

Baca juga:
Apa Saja Perbedaan Kertas HVS dan Kertas Folio?

Meskipun penggunaan kertas HVS ukuran A6 dan A2 cukup jarang, sebaiknya tetap isi stok di kantor. Sewaktu-waktu butuh, bisa langsung digunakan.

Misalkan ketika Anda ditugasi untuk kerja lembur hingga larut malam. Sedangkan di luar sana toko yang menjual kertas HVS sudah tutup.

Tulis Komentar