Reading Time: 2 minutes

Mbiz meluncurkan sebuah situs pengadaan barang yang sangat membantu untuk masalah-masalah yang sering muncul dalam sebuah perusahaan. Situs tersebut adalah Mbizmarket.co.id. Situs Mbizmarket.co.id menjadi trendsetter pengadaan barang no.1 di Indonesia dengan menyediakan ribuan penjual dan ratusan ribu barang yang bisa dipilih berdasarkan masing-masing kebutuhan perusahaan. Selain menjadi trendsetter pengadaan barang, Mbizmarket.co.id juga menjadi solusi transparansi untuk menghindari perilaku koruptif.

Baru-baru ini, Pemprov Jabar melakukan kerjasama dengan PT Brilliant Ecommerce Berjaya untuk pemanfaatan e-marketpalce guna menghindari perilaku koruptif. Hal tersebut tentu saja merupakan salah satu hal positif yang dihasilkan oleh sebuah teknologi. Pemprov akan memanfaatkan platform ini untuk memenuhi kebutuhan rutin habis pakai seperti alat tulis kantor dan makanan minuman untuk rapat. 

Perusahaan pemilik platform digital pengadaan online selaku pionir dan trendsetter Mbizmarket.co.id akan menyediakan platform marketplace berbasis berbasis darin atau dalam jaringan (online) bagi lingkungan Pemda Provinsi Jabar. Kerjasama tersebut ditandai dengan adanya penandatanganan nota kesepakatan atau MoU yang ditandatangani oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan CEO Mbizmarket.co.id, Rizal Paramarta, serta COO dan Co Founder Mbizmarket.co.id, Ryan Hermawan, di Trans Luxury Hotel, di Kota Bandung. 

Pada MoU tertera bahwa Pemda Jabar akan melibatkan Mbizmarket.co.id dalam program sosialisasi penggunaan serta pemanfaatan Mbizmarket.co.id kepada jajaran pengguna serta pelaku usaha di Jawa Barat yang mampu menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan pengadaan serta memberikan layanan konsultasi dan pendampingan kepada pihak-pihak tersebut. 

Ika Mardiah selaku Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat berpendapat bahwa selama ini dilakukan dinas membeli peralatan tulis, kertas, maupun makanan atau minuman harus belanja langsung ke toko. Proses pengadaan barang dengan metode belanja konvensional ke toko dinilai rentan terhadap potensi penyimpangan dan korupsi. 

Baca juga : Mbizmarket sebagai Pionir Pengadaan Online No.1 

Pengadaan barang secara online dinilai lebih transparan dan terbuka, serta akuntabel. E-marketplace sebagai bagian dari e-procurement tersebut akan mempermudah evaluasi dan monitoring, serta meningkatkan pencatatan, akuntabilitas, transparansi, efisiensi, dan efektivitas. Selain itu juga, ini merupakan salah satu perwujudkan dari aktualisasi inovasi dan kolaborasi layanan public melalui kerja sama dengan dunia usaha. 

Dengan adanya kerjasama antara Pemda Jabar dengan Mbizmarket.co.id akan mempermudah proses belanja yang sebelumnya dengan cara konvensional, maka nanti akan belanja melalui platform marketplace dan dilakukan dari kantor. Kerjasama dengan Mbizmarket.co.id selaku trendsetter pengadaan barang online di bidang B2B di Indonesia ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan perubahan pola interaksi sosial, ekonomi, dan bisnis di eradigitalisasi. 

Kedepannya e-marketpalce sekaligus akan mendorong adanya media pemasaran dan transaksi elektronik yang mudah, cepat, dan efisien antara konsumen dan pelaku usaha, terutama Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM). Terkait upaya mendorong pertumbuhan UMKM Jabar, pemanfaatan situs Mbizmarket.co.id bagi UMKM dinilai tepat, karena UMKM membutuhkan dukungan infrastruktur digital yang efektif sehingga memudahkannya untuk meningkatkan kompetensi dan skala usaha, serta keberlangsungan bisnisnya. 

Penulis

Tulis Komentar