Kategori

Tips dan Trik

Kategori

Membuka usaha warung kecil-kecilan di rumah bisa jadi pilihan bisnis yang menguntungkan. Jika Anda ingin membuka warung kecil, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Salah satu perlengkapan warung yang harus ada adalah rak atau  shelving rack. Berikut adalah cara pemilihan rak yang cocok untuk warung kecil.

  1. Perhatikan Kualitas Bahan

Pastikan Anda memilih rak yang terbuat dari bahan berkualitas terbaik. Meskipun harganya akan jauh lebih mahal, tapi rak berkualitas pasti akan lebih tahan lama. Biasanya rak yang terbuat dari besi lebih direkomendasikan untuk dipakai di warung-warung karena lebih kuat dan tahan lama.

Baik dan buruknya kualitas bahan akan berpengaruh pada kekuatan rak yang Anda pakai. Jika kualitas bahan tidak baik maka rak tidak akan mampu menampung banyak barang. Anda malah harus mengeluarkan uang lagi untuk biaya perbaikan atau harus membeli rak yang baru.

  • Tidak Memakan Banyak Ruang

Pilih rak yang desainnya tidak memakan banyak ruang. Apalagi jika warung Anda punya ruang yang sangat terbatas. Supaya bisa menampung banyak barang dagangan, maka pilih rak yang hemat ruang. Anda disarankan untuk mengukur lebar ruangan terlebih dahulu sebelum menentukan jenis dan ukuran rak yang akan digunakan.

  • Desain yang Memudahkan Konsumen

Shelving rack harus memiliki desain yang bisa memudahkan konsumen. Rak ini harus bisa menampung banyak barang namun juga barang tersebut harus bisa terlihat dengan jelas. Konsumen bisa memilih barang dengan jelas dan mengambil barang yang mereka butuhkan dengan mudah.

Hindari pemilihan rak dengan desain yang terlalu rumit. Utamakan fungsinya serta kemudahan konsumen saat memilih dan mengambil barang. Warna rak juga sebaiknya tidak terlalu mencolok. Pilih warna yang netral agar barang-barang yang dipajang di sana bisa terlihat dengan jelas.

  • Memilih Rak yang Bagus

Pemilihan rak untuk warung memang harus mengutamakan fungsi dan kekuatannya. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan keindahan desain rak. Jika rak yang digunakan memiliki nilai estetika yang baik maka konsumen juga akan merasa nyaman selama berbelanja.

  • Kemudahan Mengatur Tinggi Rendah Rak

Pilihlah rak yang bisa diatur tinggi rendahnya dengan mudah. Biasanya rak yang digunakan di warung-warung didesain mudah untuk dibongkar pasang. Pilihlah jenis rak yang bisa dibongkar dan dipasang kembali dengan mudah. Pengaturan tinggi rendah rak ini akan memudahkan Anda mengatur barang-barang di warung.

  • Kemudahan Pemasangan Rak

Pilih rak yang mudah untuk dipasang jika Anda menggunakan jenis rak built-in. Rak built-in memang lebih disarankan karena posisi rak tidak akan mudah bergeser. Namun, pastikan rak yang Anda beli bisa dipasang dengan mudah dan cepat.

  • Tipe Rak yang Direkomendasikan

Ada banyak sekali jenis rak yang dijual di pasaran. Sebenarnya rak jenis apapun bisa saja dipakai untuk memajang aneka jenis produk di warung kecil Anda. Namun ada satu jenis rak yang spesifikasinya memang dikhususkan bagi warung-warung kecil.

Rak yang cocok untuk digunakan di warung kecil adalah rok gondola. Rak ini terbuat dari panel besi yang kokoh. Rak gondola juga mudah untuk dibongkar pasang. Selain itu rak jenis ini juga menghemat tempat, bisa memuat banyak barang, dan memudahkan konsumen mengambil barang.

Baca juga : 5 Cara Meningkatkan Penghasilan Usaha Toko Kelontongan di Desa

Pemilihan shelving rack untuk warung kecil harus diperhatikan demi kenyamanan pemilik warung dan konsumen. Pastikan rak memiliki fungsi yang optimal dan kualitas yang tahan lama. Jika sudah mendapatkan rak yang tepat, pastikan Anda tidak meletakkan barang dengan beban melebihi kapasitas rak.