Waktu Baca / 2 Menit

Pengecekkan suhu tubuh merupakan bagian dari protokol kesehatan, yang dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus COVID-19. Pengecekan suhu ini umumnya dilakukan kala Anda memasuki tempat umum, seperti mall atau pusat perbelanjaan dan kafe. Nah, alat yang kerap digunakan untuk mengukur suhu ini adalah Thermometer Infrared atau termometer inframerah. 

Apa Itu Thermometer Infrared? 

Berbicara tentang termometer, tentu saja merupakan benda yang sudah tak asing lagi bagi Anda. Termometer merupakan alat pengukur suhu, yang cara penggunaannya dengan memasukkannya ke mulut atau mengepitnya di bawah ketiak. Anda butuh menunggu selama 3 hingga 5 menit untuk mengetahui suhu badan saat ini. 

Berbeda dengan termometer biasa, termometer inframerah bisa mengukur suhu tubuh tanpa harus kontak dengan permukaan tubuh. Suhu akan diukur menggunakan radiasi kotak hitam atau dikenal juga dengan sinyal inframerah yang dipancarkan oleh objek. Dari energi radiasi yang dipancarkan inilah , suhu atau temperatur objek bisa diketahui. 

Dikarenakan pengukuran suhu bisa dilakukan dari jarak jauh dengan menggunakan termometer inframerah ini, maka kontak fisik bisa dikurangi seminimal mungkin. Risiko infeksi COVID-19 pun bisa diminimalisir, orang yang bertugas memeriksa suhu tak perlu kontak fisik langsung dengan orang yang diperiksa suhunya. 

Keunggulan Termometer Inframerah 

  1. Bisa Mendeteksi Suhu dengan Lebih Cepat 

Jika dengan menggunakan termometer biasa butuh hitungan menit untuk mengetahui suhu tubuh seseorang, termometer inframerah bisa mendeteksi suhu dengan lebih cepat. Hanya dalam hitungan detik saja, maka suhu tubuh seseorang akan bisa diketahui. Keunggulannya ini menjadikan termometer inframerah jadi lebih praktis untuk digunakan mengukur suhu secara massal. 

  1.  Tak Perlu Kontak Fisik untuk Mengukur Suhu 

Dengan menggunakan thermometer infrared ini, maka tak perlu dilakukan kontak fisik dengan orang yang akan diukur suhunya. Misalnya saja, Anda hanya perlu mengarahkan termometer ini ke permukaan kening, untuk mengetahui suhu badan Anda atau orang lain. Saat virus COVID-19 sedang merebak seperti sekarang, alat pengukur suhu tanpa kontak tubuh ini tentu sangat bermanfaat.   

  1. Memiliki Tingkat Akurasi yang Tinggi 

Termometer inframerah ini dikenal dengan tingkat akurasinya yang tinggi dalam mengukur suhu. Kelebihan ini tentu sangat bermanfaat dalam mengukur suhu tubuh seseorang yang mungkin telah terinfeksi COVID-19 atau tidak. Akurasi dari termometer inframerah ini sendiri umumnya kurang dari 1 derajat.  

  1. Dilengkapi dengan Memori untuk Menyimpan Data Suhu 

Jika menggunakan termometer inframerah, Anda tak perlu melakuan pengecekan ulang untuk mengetahui suhu tubuh yang tadinya telah diukur. Termometer inframerah telah dilengkapi dengan memori penyimpanan data, sehingga Anda bisa mengeceknya kembali jika diperlukan. Anda pun bakal lebih mudah menyusun data terkait suhu tubuh orang yang telah diperiksa sebelumnya. 

  1. Ukurannya Handy, Sehingga Praktis dan Mudah Dibawa 

Termometer inframerah didesain dalam ukuran yang handy, serta mudah untuk Anda bawa ke mana pun Anda pergi. Ukurannya yang kecil dan beratnya yang ringan ini, membuatnya bisa muat dengan mudah di saku baju atau celana Anda. Kepraktisannya ini jugalah yang membuat termometer inframerah ini menjadi pilihan banyak orang untuk mengukur suhu tubuh.  

Baca juga : Mengenal Prinsip dan Cara Kerja Thermometer Gun

Bagi Anda yang butuh termometer yang bisa mengukur suhu dengan cepat dan akurat, maka thermometer infrared atau termometer inframerah ini layak jadi pilihan. Dengan menggunakan termometer ini, Anda bisa ukur suhu tubuh dengan cepat, tanpa harus melakukan kontak fisik dengan orang yang bersangkutan. Selain aman, desainya pun praktis untuk dibawa kemana saja.   

Tulis Komentar