Waktu Baca / 2 Menit

Bagi pemerintah yang mengelola banyak sumber energi, tentu memerlukan tangan-tangan khusus untuk mendistribusikannya. Di sinilah kesempatan masyarakat untuk ikut serta.

Salah satunya dengan menjadi agen ataupun sub-agen gas LPG. Lalu, bagaimana sih cara menjadi agen gas LPG? Berikut syarat dan langkah-langkah yang perlu ditempuh.

Syarat Menjadi Seorang Agen Gas LPG

1. Menyediakan Fasilitas untuk Menjual Gas LPG

Barangkali ada pertanyaan seperti ini: Kan baru mau mulai, apakah memang perlu menyediakan fasilitas? Tenang saja. Sebab, kebutuhan akan gas LPG di ruang lingkup masyarakat tetap tinggi. Saat ini sudah amat jarang yang jauh-jauh pergi ke hutan untuk mengambil kayu. Kalau toh ada, paling-paling di kawasan desa.

Maka dari itu, sediakan beberapa fasilitas seperti showroom, papan nama perusahaan, gudang penyimpanan, seragam, hingga armada angkutan. Nantinya bisa bekerja sama dengan para sub-agen yang tersebar di berbagai daerah.

2. Memiliki Dokumen yang Berkaitan dengan Keagenan Gas LPG

Ketika bertindak sebagai agen, maka penting sekali untuk memiliki berbagai dokumen. Misalnya dokumen yang berkaitan dengan pendirian perusahaan. Kemudian buat juga surat pernyataan yang menyatakan bahwa Anda sanggup membeli tabung LPG sebanyak 10.000.

3. Menyediakan Modal yang Cukup untuk Menjadi Agen

Untuk menjadi agen memang perlu modal besar. Angkanya bisa miliaran Rupiah. Tergantung kesanggupan saat beli LPG dari pihak Pertamina. Oleh karena itu, sebaiknya buatlah perusahaan terlebih dahulu yang isinya beberapa orang pemodal. Soalnya kalau sendirian terasa sulit jalannya.

Langkah-Langkah yang Wajib Ditempuh untuk Menjadi Agen

1. Mendaftarkan Diri di Situs Resmi Pertamina

Untuk mendaftarkan diri, langsung saja akses situs resmi milik Pertamina, yakni sppbe.pertamina.com. Kemudian, buat lampirkan surat pernyataan yang berisi kesanggupan untuk menjual lebih dari 1 ton gas LPG per hari.

2. Mengisi Formulir dan Melengkapi Beberapa Dokumen

Berhubung akan dibuat menjadi PT atau koperasi, maka perlu sekali melampirkan Surat Perjanjian Kerja Sama. Isinya tentang kesanggupan Anda untuk menjadi mitra Pertamina sebagai agen. Lalu, lampirkan pula SIUP, Surat Izin Gangguan, hingga Surat Tanda Daftar Perusahaan.

Untuk membuat Surat Rekomendasi, lebih dahulu hubungi pihak pemerintah desa setempat. Izin ini wajib dimiliki oleh agen LPG agar lebih terpercaya di hadapan pemerintah maupun awak perusahaan Pertamina.

Setelah lengkap, lampirkan pula fotokopi terkait identitas diri sebagai WNI plus foto berwarna.

3. Pilih Lokasi Usaha yang Bagus

Agen yang hendak bermitra dengan Pertamina wajib menyediakan lahan minimal seluas 75 m x 68 m. Sebaiknya lokasi yang dipilih berada di luar jangkauan pemukiman penduduk setempat. Syarat ini wajib dipenuhi agar nantinya bisa lolos dari survei yang dilakukan oleh pihak Pertamina.

4. Bagaimana Prospek Bisnis sebagai Agen Gas LPG?

Tak dapat dipungkiri, bahwa bisnis di ceruk ini memiliki pangsa pasar yang luas karena dinilai sebagai kebutuhan pokok. Tak perlu cemas ketika sudah terpilih menjadi agen utama yang bermitra dengan Pertamina. Sebab, jumlah pengecer gas LPG sangat banyak mengingat mudahnya bisnis ini diterapkan.

Ukuran gas LPG yang turun ke pasaran ada yang 3 kg, 5 kg, serta 12 kg. Biasanya, agen yang mula-mula bergabung lebih fokus menjual gas LPG berukuran 3 kg. Selain lebih ringan, biaya yang diperlukan juga cukup terjangkau.

Masyarakat juga banyak yang ambil ukuran 3 kg. Tapi untuk kelas warung makan, biasanya ambil yang ukuran lebih besar.

Dibanding sub-agen, syarat dan cara menjadi agen gas LPG memang sedikit lebih rumit. Tapi kalau semua persyaratan di atas sudah Anda miliki, proses verifikasi untuk menjadi agen yang sah tidak perlu waktu lama kok.

Selanjutnya, Anda bisa kembangkan sayap-sayap bisnis di bidang energi ini dengan memperbanyak pihak pengedar.

Tulis Komentar