Reading Time: 2 minutes

Beberapa seminar membutuhkan komputer sebagai peralatan pendamping, tentunya sebagai penyelenggara perlu mencari tempat sewa komputer terpercaya. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mencari tempat penyewaan komputer.

1. Memiliki Website atau Sosial Media yang Terstruktur

Seminar merupakan edukasi atau pendidikan yang dilakukan oleh sebuah universitas maupun lembaga hingga organisasi tertentu yang berguna untuk meningkatkan skill pesertanya.  Pertama kali yang Anda lakukan ketika mencari tempat penyewaan komputer ialah mengetik dan mencarinya di Google.

Sehingga website dan sosial media sangat diperlukan sebelum memilih tempat penyewaan komputer yang terpercaya. Karena, tempat penyewaan komputer yang terpercaya biasanya memiliki alamat website atau sosial media yang lengkap dan terstruktur.

Mulai dari nomor yang bisa dihubungi, testimoni pelanggan, foto-foto komputer yang akan disewakan beserta spesifikasinya hingga harga yang ditawarkan untuk menyewa sebuah komputer.

Pastikan juga tempat penyewaan komputer tersebut satu kota dengan acara seminar yang akan digelar karena tentunya akan memudahkan Anda dalam memindahkan dan mengantar jemput komputer tersebut terlebih jika jumlahnya banyak.

2. Memiliki Alamat Toko yang Jelas

Selain memiliki website dan sosial media yang baik, tempat penyewaan komputer yang terpercaya juga harus memiliki alamat toko yang lengkap dalam bentuk fisik.

Jika perlu, datang langsung ke alamat tersebut untuk mengetahui sekaligus melihat lebih jelas apakah alamat toko yang diberikan pada website, sesuai dengan alamat fisiknya. Jika ya, maka toko tersebut bisa dikategorikan sebagai tempat penyewaan komputer yang terpercaya.

3. Spesifikasi Komputer

Dalam seminar, tidak semua peserta mengerti cara menggunakan komputer merek-merek tertentu, inilah pentingnya Anda melakukan survei kepada peserta seminar mengenai spesifikasi komputer mana yang familiar untuk digunakan dan menunjang aktivitas seminar yang diadakan.

Dengan begini, ketika Anda menyewa komputer maka pemilik persewaan tidak dibingungkan dengan spesifikasi. Biasanya hal-hal yang perlu Anda ketahui ketika menyewa komputer ialah jenisnya, mereknya, dan pentium berapa yang akan digunakan?

Namun jika ingin lengkap, pastikan juga informasi perangkat lainnya agar seperti colokan USB, monitor, keyboard, koneksi dan lainnya.

4. Mencoba Sebelum Menyewa

Sebelum menyetujui untuk menyewa komputer demi kegiatan seminar Anda, pastikan Anda telah mencobanya terlebih dahulu. Sehingga Anda yakin betul bahwa komputer yang digunakan dalam keadaan baik, dan prima. Selain itu, hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan selama seminar berlangsung. Misalnya, komputer yang tiba-tiba mati, atau tidak terkoneksi dan lainnya.

5. Garansi

Setelah yakin bahwa Anda menemukan tempat penyewaan komputer yang baik dan terpercaya, langkah selanjutnya adalah menanyakan apakah ada ganti rugi jika komputer yang digunakan tiba-tiba rusak saat acara seminar? atau apakah uang yang sudah diberikan bisa di-refund apabila terjadi pembatalan?

Baca juga : 5 Kriteria Memilih Jasa untuk Perusahaan Farmasi

Hal ini penting untuk menjadi pertimbangan ketika menyewa komputer karena Anda harus mempersiapkan plan A dan plan B apabila terjadi hal-hal yang tidak direncanakan seperti perubahan acara atau tanggal karena wabah corona atau bencana lainnya yang menghambat kegiatan seminar Anda.

Mencari tempat penyewaan komputer memang gampang-gampang susah, dibutuhkan kejelian dan pengecekan menyeluruh agar tidak tertipu terlebih kini banyak usaha serupa yang bersaing harga.

Jangan lupa untuk menyesuaikan budget Anda ketika akan sewa komputer. Hal ini penting agar anggaran tetap sesuai dengan perencanaan dan tidak melebihi atau over budget ketika menyewa komputer untuk acara seminar yang Anda laksanakan.

Penulis

Tulis Komentar