Reading Time: 2 minutes

Saat ini alat pelindung diri dari penyebaran virus semakin banyak diburu. Selain masker, terdapat hand gloves yang juga banyak dibutuhkan terutama untuk pekerja yang berhubungan langsung dengan orang lain. Sarung tangan untuk keamanan memiliki beragam jenis. Di bawah ini akan diuraikan jenis-jenis sarung tangan keamanan beserta fungsinya!

  • Cut and Puncture Resistant Gloves

Gloves berbahan nitrile yang biasa digunakan oleh orang yang bekerja dalam bidang permesinan. Bahan dasar ini memperkecil gaya gesekan dan membuat tahan terhadap abrasi. Abrasi yang dimaksud adalah benda permesinan yang memiliki permukaan tajam atau permukaan yang dapat melukai tangan pekerjanya.

  • Anti Slip Hand Gloves

Gloves yang biasa digunakan untuk orang yang berhubungan langsung dengan  cairan atau benda berminyak. Memiliki fungsi agar benda yang dipegang tidak licin di tangan. Hal ini karena dilengkapi dengan Grip Technology dan Microchannel yang dapat menyerap benda cair yang menempel pada benda kerja sehingga benda tidak terhalangi.

  • Impact Hand Gloves

Dapat digunakan untuk pekerja lapangan yang berhubungan langsung dengan benda berat. Selain itu, juga dapat digunakan untuk pengendara sepeda motor. Dilengkapi shock absorber yang berfungsi mengurangi efek tumbukan ketika tangan menimpa benda berat. Berfungsi sebagai perlindungan untuk menyerap energi tumbukan seperti tabrakan.

  • Lifting Hand Gloves

Jenis gloves yang mudah ditemukan karena jumlahnya banyak di pasaran. Memiliki fungsi ganda yaitu dapat berfungsi sebagai pelindung dari goresan benda tajam yang mengenai tangan. Fungsi lain yaitu mengurangi benda yang dipegang tergelincir. Terdapat versi desain tambahan karet di telapak tangan untuk memperkuat genggaman.

Pemakaian gloves ini harus tepat karena jika tidak, malah dapat membahayakan diri. Meskipun merupakan hand glove safety, namun jika penggunaan tidak tepat, malah akan membahayakan pemakainya. Jangan menggunakan glove ini pada benda berputar karena terbuat dari bahan kain berserat, dikhawatirkan akan menyangkut pada mesin.

  • Heat Resistant Gloves

Terbuat dari dua bahan yang berbeda di bagian luar dan dalamnya. Bagian luar terbuat dari bahan kulit (leather) dan bagian dalamnya berbahan kain halus. Memiliki ketebalan besar di antara glove lain karena disesuaikan dengan fungsinya yaitu untuk menahan panas berlebih. Bagian luar berbahan seperti karet berperan sebagai isolator panas.

Jika mencari glove jenis ini, di pasaran biasa disebut dengan sarung tangan las. Selain disesuaikan dengan fungsinya, juga biasa dipakai oleh pekerja yang terpapar panas berlebih seperti pekerja las. Meski berat, namun tetap mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya karena di bagian dalam terbuat dari kain yang dapat menyerap cairan.

  • Chemical Resistant Glove

Glove yang biasa digunakan untuk pekerja laboratorium atau yang berhubungan langsung dengan bahan-bahan kimia berbahaya. Biasanya berbahan dasar vinyl, latex, nitrile dan PVC dan merupakan bahan-bahan hidrofobik atau anti air. Bersifat disposable atau hanya dapat digunakan satu kali dan langsung dibuang.

Baca juga : Sebelum Membeli, Kenali 7 Macam Masker Kain di Pasaran

Fungsi lain dari gloves ini adalah mencegah cairan atau benda yang terkontaminasi masuk ke pori-pori kulit tangan. Seperti yang marak digunakan saat wabah seperti ini. Tidak hanya untuk tenaga medis tetapi juga pekerja yang berhubungan langsung dengan orang luar.

  • Kevlar Gloves

Gloves yang berbahan dasar Kevlar seperti namanya, bahan ini juga digunakan untuk membuat glove lainnya. Bahan ini juga membuat gloves lebih awet dan ringan saat dipakai sehingga memberikan kenyamanan pada tangan. Memiliki fungsi untuk melindungi tangan dari benda yang dapat melukai dan membuat lecet tangan. Uraian di atas menjelaskan berbagai jenis sarung tangan dan fungsinya. Sarung tangan yang kini banyak dibutuhkan tidak hanya untuk tenaga medis, tetapi juga para pekerja lainnya. Info lebih lengkapnya dapat dilihat di laman mbizmarket.co.id. Meski beberapa ahli kesehatan menilai hal ini tidak efektif dalam mencegah penyebaran virus.

Penulis

Tulis Komentar