Kategori

Produk Mbizmarket

Kategori

Media komunikasi tak hanya dibutuhkan untuk kepentingan pribadi namun juga sangat penting demi kelancaran informasi di instansi pemerintahan. Tak hanya untuk menyebarkan informasi, media tersebut juga berguna untuk menerima informasi dari masyarakat. Berikut ini 5 jenis alat komunikasi instansi pemerintah.

1. Telepon

Telepon merupakan peralatan komunikasi jarak jauh yang umumnya dimiliki oleh hampir seluruh instansi pemerintahan di Indonesia. Telepon biasa digunakan di dalam kantor maupun di rumah-rumah penduduk dengan menggunakan kabel sebagai alat penyambungnya.

Beberapa jenis telepon ialah telepon meja atau tablephone yang biasa diletakkan di atas meja. Lalu, telepon dinding atau wall phone yakni telepon yang umumnya dipasang menempel di dinding sehingga pegawai instansi yang ingin menggunakan atau menerima telepon harus berdiri agar kabel tidak terputus.

Kemudian ada juga jenis telepon yang menggunakan pengeras suara atau laud speaker telephone yang memungkinan Anda untuk menerima telepon tanpa harus menggengamnya.

Telepon berfungsi sebagai salah satu media komunikasi antar ruangan, antar bagian, atau dari dan ke nomor-nomor luar lainnya sehingga memudahkan akses antar pegawai di berbagai divisi. Meski begitu, penggunaan telepon dinilai masih kurang fleksibel karena tidak bisa dibawa kemana-mana dan harus diletakkan dalam satu tempat.

2. Faksimili atau Faximile

Sebagai instansi pemerintahan, tentu kegiatan mengirim dan menerima data atau dokumen menjadi hal yang biasa dilakukan. Karenanya membutuhkan Faksimili (Faximile) sebagai media penyampaian data dari pegawai satu ke pegawai lainnya. Cara menggunakan Faksimili (Faximile) ialah pertama, letakkan dokumen pada bagian kertas dengan posisi terbalik.

Kemudian pencet nomor tujuan Faksimili (Faximile) yang akan dikirimkan data atau dokumen caranya pencet tombol one touch kemudian speed dial lalu search dan masukan nomor secara manual. Terakhir, tekan tombol start, maka dokumen sudah bisa dikirimkan.

Lalu, untuk cara menerima dokumen dari Faksimili (Faximile) ialah bunyi beep sebagai penanda bahwa akan ada dokumen yang masuk. Lalu angkat gagang telepon, tekan start dan akan muncul tulisan ‘receive’ pada layar, lalu letakan gagang telepon. Maka dokumen sudah bisa dicetak di selembar kertas.

3. Handy Talky atau HT

Handy Talky merupakan media komunikasi yang fungsi dan bentuknya mirip dengan ponsel, namun hanya bisa digunakan 1 arah. Sehingga ketika Anda ingin menghubungi seseorang maka orang tersebut tidak bisa memotong pembicaraan Anda.

Sehingga harus menunggu Anda atau orang lain berbicara barulah Anda bisa membalasnya. Perbedaan lainnya dengan ponsel ialah Handy Talky menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi selain itu, Handy Talky  juga tidak menggunakan pulsa asal orang tersebut memiliki Handy Talky dan frekuensi yang sama maka ia Anda bisa berkomunikasi dengannya.

Handy Talky  juga tidak memerlukan nomor telepon dan masih bisa digunakan meski berada di lokasi terpencil sekalipun. Biasanya Handy Talky  digunakan sebagai media komunikasi ketika ada acara di instansi pemerintahan atau kepanitiaan.

Meski begitu, Handy Talky juga memiliki kekurangan yang perlu diperhatikan. Kekurangan media komunikasi ini ialah hanya mampu terhubung dengan satu orang karena menggunakan sistem searah, proses komunikasi lama dan terkadang suara yang terdengar tidak jelas sehingga harus mengulangi percakapan berkali-kali dengan pelafalan yang jelas. Tidak bisa digunakan untuk SMS, memotret, ataupun main game.

Baca juga : 5 Tips Memilih Vendor Cathering yang Cocok untuk Acara Instansi Pemerintah

Selain itu saat menggunakan alat komunikasi Handy Talky, memerlukan perawatan khusus karena gelombang suara yang terdengar dari speaker Handy Talky jika tidak diperhatikan akan merusak panel Handy Talky. Selain itu, Handy Talky hanya mampu menjangkau komunikasi sejauh 3 KM karena mengandalkan gelombang radio.