MRO atau singkatan dari maintenance, repair, and operation adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menjaga fasilitas manufaktur dan distribusi dalam perusahaan. Lebih tepatnya MRO adalah segala fasilitas yang ada di lapangan dan pada umumnya mencakup peralatan listrik, alat-alat kebersihan, hingga alat pabrik. Oleh karena procurement MRO merupakan tugas yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. 

Untuk bagian pengadaan, procurement MRO perlu adanya pengawasan dan monitor terhadap ketersediaan barang. Semua pegawai bagian procurement harus menyadari bahwa betapa sulitnya jika salah satu alat produksi rusak pada saat jam operasional, oleh karena itu pengawasan sangat penting agar tidak terjadi hambatan-hambatan dalam jam operasional. Jika proses manufaktur terhambat, maka otomatis akan berdampak langsung pada perusahaan dengan turunnya jumlah produksi sehingga timbullah kerugian. 

Baca juga : Proses MRO Supply dalam Sebuah Perusahaan

Mengelola MRO dengan baik juga bukan hal yang mudah. Banyak sekali hal yang perlu diperhatikan dan membuat divisi procurement kesulitan. Tantangan yang harus dihadapi adalah seperti beragamnya kategori barang, kurangnya transaransi, serta minimnya variasi supplier. Namun hal tersebut sebenarnya bisa dengan mudah diatasi jika procurement perusahaan dipercayakan pada Mbizmarket.co.id Apa saja keunggulan dari Mbizmarket.co.id, berikut ini penjelasannya:

  • Banyak dan beragamnya kategori barang bukanlah masalah jika menggunakan Mbizmarket.co.id. Dengan menggunakan sistem yang terbaik, Mbizmarket bisa menspesifikasikan produk dengan jelas, sehingga lebih memudahkan divisi peocurement untuk memilih berbagai penawaran menarik mulai dari jenis barang hingga harga yang bersaing. 
  • Mbizmarket.co.id adalah platform e-procurement nomer 1 di Indonesia yang menjadi solusi dalam pengadaan barang perusahaan. Dengan menggunakan sistem online, transaksi pengadaan akan lebih transparan. Semua data akan terekan 100% sehingga mudah untuk diaudit dan diawasi.
  • Pada situs Mbizmarket.co.id memiliki banyak sekali pilihan baik produk atau jasa maupun suppliernya. Mbismarket.co.id terdiri dari ribuan supplier terpercaya dn ratusan ribu produk dan jasa yang bisa dipilih sendiri oleh perusahaan, baik berdasarkan harga, kualitas ataupun, ketersediaan stok. 

Sebenarnya, pada dasarnya, divisi procurement yang berhubungan dengan procurement MRO tidak terlalu fokus ke harga, melainkan lebih pada faktor lain seperti lead time, same-day delivery, dan vendor managed inventory. Kesimpulan ini terbentuk karena adanya permintaan procurement yang terjadi tanpa direncanakan sebelumnya atau dadakan. 

Baca juga : Peran Summary Project untuk mengukur tingkat Keberhasilan Proyek

Masalah tersebut tidak sepenuhnya salah divisi procurement. Hal ini sering terjadi karena MRO tidak terpusat atau tersebar di beberapa bagian perusahaan. Misalnya pada pabrik yang lokasinya terpisak satu sama lain, sehingga kurangnya komunikasi antar pabrik. Oleh karena itu, biasanya tipa pabrik memiliki supplier yang berbeda, meskipun barang yang dibeli sama persis. 

Masalah tersebut sebenarnya bisa diatasi dengan procurement yang lebih tersentralisasi yang diawali dengan analisis pengeluaran. Kemudian memahami tiap supplier di tiap kategori barang dan menemukan masalah seperti pemasok yang memberikan kualitas buruk dibandingkan pemasok lain dengan barang yang sama. Sehingga perusahaan bisa membuat solusi dengan menentukan preffered supplier yang bisa direkomendasikan untuk semua pabrik. 

Penulis

2 Komentar

Tulis Komentar