Waktu Baca / 2 Menit

Usaha rintisan atau usaha kecil memang banyak sekali menghadapi masalah, terutama masalah modal atau dana. Banyak sekali pengusaha kecil yang bingung untuk mendapatkan pinjaman, karena banyak bank yang belum mau untuk memberikan pinjaman modal usaha kecil. Oleh karen itu, banyak pengusaha kesulitan dalam masalah modal. 

Banyak bank tidak mau memberikan pinjaman modal awal usaha kepada para pengusaha kecil karena beberapa hal di bawah ini antara lain sebagai berikut:

  • Meskipun suku bunga di Bank cukup rendah, namun Bank akan meminta jaminan. Jaminan yang diminta biasanya berupa tanah dan bangunan. Bahkan sebenarnya pinjaman modal usaha kecil dari pemerintah, yaitu KUR subsidi, yang telah memberikan bunga rendah, juga sulit diakses oleh pengusaha kecil karena adanya persyaratan dokumen, tidak boleh memiliki kredit sebelumnya dan adanya jaminan untuk bisa mengajukan kredit.
  • Proses pengajuan pinjaman di bank memakan waktu yang cukup lama, padahal biasanya dana dibutuhkan cepat.
  • Bank biasanya akan meminta persyaratan berupa dokumen-dokumen dan pembukuan yang rumit. Dan biasanya usaha kecil belum memiliki pembukuan yang rapi seperti yang diminta oleh bank.

Baca juga : Pahami Pengertian Pembiayaan Multiguna dan Jenis, Serta Keunggulannya 

Maka solusi yang dipilih oleh pengusaha kecil adalah mencari pinjaman uang tanpa jaminan yang ditawarkan oleh perusahaan Fintech lewat situs Mbizmarket.co.id yang berbasis online. Mbizmarket.co,id menjadi jalan keluar bagi kebuntuan yang dihadapi oleh para pengusaha kecil yang membutuhkan modal untuk produksi dan mengembangkan produk mereka. Platform peer to peer lending ini, selain bisa memberikan solusi dari masalah pinjaman, situs Mbizmarket juga menawarkan solusi dalam pengadaan barang yang juga berbasis online, sehingga transaksi bersifat lebih transparan dan aman. 

Invoice Financing

Invoice Financing merupakan sebutan untuk pinjaman modal asing yang berbasis online. Jenis pinjaman modal ini merupakan pinjam uang tanpa jaminan apapun, tidak perlu jaminan tanah, rumah dan aset lainnya. Yang menjadi acuan adalah invoice atau tagihan yang dimiliki pengusaha. Kemudian tagihan inilah yang akan dinilai oleh pemberi pinjaman, dan selanjutnya berdasarkan nilai tersebut baru diberikan pinjaman modal usaha kecil. Untuk lebih jelasnya lagi, mengapa pengusaha kecil memilih pinjam modal tanpa jaminan adalah seperti di bawah ini:

  • Prosesnya relative cepat, tentu ini sangat sesuai dengan keadaan pengusaha kecil yang sering membutuhkan dana secara cepat. 
  • Tidak perlu jaminan apapun, yang dibutuhkan hanyalah bukti tagihan. Dengan berdasarkan tagihan yang sedang berjalan, sesuatu dulunya tidak produktif, kini bisa lebih bernilai sebagai pembiayaan modal kerja
  • Perusahaan penyedia pinjaman online diawasi dan diatur ileh Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Suku Bunga Pinjaman Modal Usaha Kecil

Karena invoice financing memiliki proses yang cepat dan tanpa agunan, tentu saja sudah pasti bunga tidak bisa serendah atau sama dengan bank. Biasanya tingkat suku bunga bisa berbeda-beda tergantung tingkat resiko yang ditentukan oleh perusahaan penyedia pinjaman.

Penulis

Tulis Komentar