Waktu Baca / 2 Menit

Kamu tentu sudah sering mendengar kata kredit, tapi apakah kamu tahu apa sebenarnya pengertian kredit. Tentu banyak dari kamu yang belum tahu apa pengertian kredit. Kata kredit sendiri berasal dari bahasa latin, credere yang memiliki arti kepercayaan. Namun dalam masyarakat, kredit lebih dikenal dengan arti pinjaman. Artinya, seseorang yang mengajukan kredit sama dengan mengajukan pinjaman. Singkatnya kredit itu dimaknai perjanjian suatu jasa dan kemudian ada balasan jasa di masa depan.

Karena kredit sangat erat terkait dengan kepercayaan, maka dari itu, seseorang yang ingin mengajukan kredit harus dapat dipercaya dan kredibilitas. Faktor inilah yang menjadi dasar penilaian seseorang mendapatkan kredit. Kredibilitas ini mencakup lima syarat yang sering dikenal dengan sebutan 5C, apa saja? Berikut penjelasannya

  • Character, mengacu pada sifat, watak, karakter seseorang dalam memperoleh kredit. Sebagai contoh misalnya jujur, amanah, punya motivasi dan kemauan untuk melunasi dan lain sebagainya. 
  • Capital, mengacu pada kemampuan modal yang dimiliki untuk memenuhi kewajibannya. Syarat ini mencakup kemampuan dalam likuiditas, solvabilitas, rentabilitas dan soliditas. 
  • Capacity, menyangkut kemampuan seseorang untuk menggunakan dana kredit sekaligus kemampuan untuk mengembalikan hutangnya.
  • Collateral, merupakan jaminan yang harus disediakan apabila sewaktu-waktu tidak dapat mengembalikan atau gagal melunasi hutangnya. 
  • Condotion of Economic, mengacu pada keadaan ekonomi negara yang mempengaruhi kebijakan dalam kredit perbankan.

Pengajuan pinjaman atau kredit biasanya dilakukan oleh seseorang yang ingin membuka usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Namun kamu harus sadar dan tahu betul tentang prospek usaha yang akan kamu dirikan, sehingga sudah bisa memperhitungkan semuanya sebelum mengajukan pinjaman. 

Selain masalah dana dan pinjaman, masalah pengadaan barang juga harus benar-benar diperhatikan, jangan sampai bukannya untung malah jadi buntung. 

Tapi zaman sekarang semua sudah serba mudah. Mau pengadaan barang yang aman dan terpecaya bisa melalui Mbizmarket.co.id. Disana kamu bisa pilih sendiri semua yang kamu butuhkan untuk membuka atau mengembangkan usaha. Di Mbizmarket.co.id kamu juga bisa memilih harga yang sesuai dengan kantong kamu, dan kamu sudah bisa sekalian memperkirakan berapa dana yang dibutuhkan untuk membelinya. 

Setelah itu barulah kamu mengajukan kredit atau pinjaman. Kredit juga memiliki fungsi untuk perekonomian, apa saja? Berikut penjelasannya: 

  • Untuk meningkatkan daya guna uang

Singkatnya, jika uang hanya dibiarkan atau disimpan saja, maka uang tersebut tidak akan menghasilkan sesuatu. Namun, jika uang tersebut dipinjamkan kepada orang lain maka itu akan menghasilkan barang dan jasa yang menguntungkan banyak orang.

  • Untuk meningkatkan peredaran dan lalu lintas uang

Uang yang diberikan akan disalurkan dan beredar dari wilayah tertentu ke wilayah lainnya. Maka wilayah yang kekurangan uang akan sedikit terbantu dengan ini.

  • Untuk meningkatkan daya guna barang

Kredit yang diberikan kepada debitur akan digunakan untuk modal mengolah barang atau produk. Barang yang tadinya tidak berguna maka akan diubah menjadi barang yang bisa digunakan. 

Baca juga : Kenali Dahulu Apa Beda Kredit dan Pembiayaan?

Setelah kamu paham dengan pengertian kredit serta fungsinya, maka kamu akan lebih mudah memutuskan kebijakan yang akan kamu ambil untuk usaha atau bisnis kamu.

Tulis Komentar