Istilah online B2B Indonesia sepertinya semakin popular akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan model bisnis online atau e-commerce. Tapi tahukah kamu apa itu B2B? B2B adalah singkatan untuk Business to business, yaitu salah satu model bisnis suatu perusahaan yang berfokus pada penjualan produk dan layanan untuk perusahaan lain, bukan konsumen individual.

Baru-baru ini ada sebuah platform online B2B Indonesia yang bernama Mbizmarket.co.id atau Mbizmarket, yang memberikan solusi end-to-end procurement untuk mendigitalisasi pengadaan bagi para pengusaha skala kecil maupun besar. Mbizmarket menjadi marketplace online B2B pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan solusi total e-procurement. 

Konsep simple-nya adalah dalam menjalankan usahanya, perusahaan B2B berorientasi untuk mendukung perusahaan lain melalui produk dan layanan yang dimilikinya. Beberapa produk ataupun layanan yang sering ditawarkan oleh sebuah perusahaan B2B adalah bahan baku produk, suku cadang jadi, layanan konsultasi, layanan pengembang website dan juga layanan pemasaran. 

Kategori B2B bisa dibagi menjadi beberapa ranah, dimana dari sekian banyak ranah tersebut berikut ini yang paling banyak dijangkau oleh B2B dan menempati jajaran kategori terastas bisnis tersebut, antara lain:

  • Pengembangan Web

Memasuki era industry 4.0 perpindahan bisnis konvensional ke dunia digital, online B2B Indonesia menjadi salah satunya, menjadi suatu yang lumrah. Akibatnya adalah semakin marak perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba memanfaatkan teknologi digital, baik untuk mempertahankan eksistensi maupun untuk melakukan ekspansi. Oleh karena itu, bisnis dengan spesialisasi dalam pengembangan web, desain web. SEO, pengembangan perangkat lunak, database, dan pembuatan siru yang paling banyak diminati saat ini. Dan ini menjadi peluang besar bagi perusahaan B2B. 

  • Perangkat Lunak sebagai Layanan (SaaS)

Kategori B2B untuk ini bekerja dengan menyediakan layanan atau platform perangkat lunak yang membantu aktivitas bisnis menjadi lebih mudah, contonyanya adalah online B2B, mulai dari manajemen proyek, otomatisasi pemasaran, manajemen inventaris, sampai dengan pelacakan keuangan. 

  • Pemasok Kebutuhan Bisnis

Era digital juga sudah merambah pada aktivitas pemasokan kebutuhan bisnis. Bahkan, pada era ini banyak perusahaan lebih memilih dan rela membayar perusahaan lain guna mendapatkan akses ke situs atau portal yang memberikan informasi tentang berbagai pasokan yang dibutuhkan oleh industry tertentu.

  • Perantara

Dalam kategori ini, B2B berperan sebagai situs perantara untuk memenuhi kebutuhan pasokan antara pemilik bisnis dan para pemasok bahan. Jika sudah menggunakan jasa ini, agen pembelian perusahaan tersebut dapat dengan mudah mengidentifikasi dan mengakses pasokan bahan baku, komponen, dan juga produk lainnya untuk bisnisnya melalui jaraj jauh dengan menggunakan situs e-procurement, Mbizmarket.

  • Agen Pemasaran

Selain semua kategori diatas, B2B juga mempunyai peluang besar untuk menjadi agen pemasaran, terutama yang berkaitan dengan iklan online. Ada banyak yang bisa ditawarkan B2B untuk kategori ini seperti, spesialis pencarian berbayar, pakar media sosial, master pemasaran konten, dan masih banyak lainnya yang berfungsi untuk memperoleh pelanggan dalam jumlah besar. 

Baca juga : Making Indonesia Industri 4.0! Tantangan Menghadapi Digitalisasi

Jika kamu adalah pemilik usaha dan ingin menggunakan online B2B untuk mempermudah dan memperlancar bisnis kamu, maka Mbizmarket bisa menjadi solusi tepat untuk kamu. Kamu bisa mendapatkan solusi mudah untuk memperlancar bisnis dan bisa mengunjungi Mbizmarket.co.id, dan mulailah berbisnis dengan mudah.

Penulis

Tulis Komentar