Reading Time: 2 minutes

Memiliki kantor yang berukuran kecil tentu harus disiasati dengan pemilihan furniture yang tepat dan sesuai agar kantor tidak semakin terlihat sempit. Salah satu furniture yang perlu diperhatikan ialah pemilihan model rak arsip yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini cara memilih rak arsip yang tepat untuk kantor Anda yang berukuran mini.

1. Ukuran

Pertama, Anda harus mengetahui dulu ukuran kantor Anda. Jika sudah mengetahui ukuran kantor, langkah selanjutnya ialah menentukan letak lemari lalu mengukurnya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa kira-kira ukuran yang sesuai untuk ruangan Anda.

Sekaligus menghindari membeli rak arsip yang tak sesuai ukuran karena akan mengganggu aktivitas kerja di kantor. Kedua, perhatikan juga model rak yang ingin Anda beli. Sesuaikan dengan warna, bentuk hingga tema kantor yang ingin Anda aplikasikan. Disarankan untuk kebutuhan kantor, pilihlah rak arsip dengan model simple dan minimalis.

2. Bahan yang Digunakan

Setelah mengetahui ukuran dan model rak yang diinginkan, langkah berikutnya ialah menentukan bahan yang akan dipilih untuk rak arsip Anda. Ada beragam bahan yang digunakan dalam membuat lemari arsip, beberapa di antaranya ialah kayu, logam, besi, alumunium, kaca, hingga plastik.

Namun disarankan pilih lemari dengan kombinasi alumunium dan plastik. Selain modelnya yang minimalis, kedua bahan ini juga lebih awet dibandingkan lemari berbahan kayu atau kaca yang mudah rusak karena diserang rayap dan jamur juga rawan kebakaran. Sedangkan lemari berbahan besi sangat berat dan berbahaya jika sewaktu-waktu menimpa karyawan di kantor.

3. Harga yang Sesuai

Hal lain yang tak kalah penting dalam memilih lemari arsip ialah harga. Belilah lemari yang harganya sesuai dengan budget dan kantong Anda karena dalam membangun kantor, terlebih kantor baru tentu Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya hanya untuk sebuah rak arsip.

Sebelum membeli, ada baiknya jika Anda melakukan survei harga terlebih dahulu. Anda bisa mensurvei harga di marketplace atau website-website khusus furniture untuk menentukan harga yang sesuai untuk kebutuhan lemari arsip Anda.

4. Perhatikan Fungsinya

Tak kalah penting, Anda harus memperhatikan fungsi dan kebutuhan Anda. Misalnya, Anda ingin membeli arsip untuk menyimpan dokumen-dokumen penting perusahaan. Maka sebaiknya memilih desain yang solid, seimbang dan stabil agar dokumen aman dan tidak mudah berserakan atau jatuh meski digunakan untuk menyimpan banyak barang.

Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan fungsinya dengan peletakan lemari agar tidak mengganggu kinerja karyawan ketika berlalu lalang dan kemudahan akses lainnya. Anda harus memperhitungkan jarak lemari dengan ruangan Anda agar ketika Anda membuka lemari untuk menyimpan atau mengambil dokumen bisa muat untuk satu orang dewasa yang berdiri bebas dan nyaman.

Baca juga : 3 Macam Jasa Renovasi Ruang Kantor untuk Meeting

Biasanya, di toko-toko furniture Anda akan ditanyai mengenai model rak yang ingin dibeli. Umumnya, model rak ada dua yakni vertikal dan horizontal. Karena ruangan kantor yang terbatas, disarankan menggunakan model lemari horizontal karena lebih pendek dan memberikan banyak ruang untuk menyimpan arsip karena bentuknya yang melebar. Model ini juga mudah diletakkan di mana saja.

5. Perhatikan Keserasian Ruangan

Ruangan yang sempit butuh trik khusus untuk membuatnya terlihat luas, muat banyak barang dan bisa leluasa untuk beraktivitas. Salah satu caranya ialah dengan menyelaraskan desain ruangan kerja Anda. Misalnya, Anda membeli model rak arsip bahan kayu dan besi masa serasikan juga dengan furniture lainnya agar lebih estetik dan dekoratif. Model dan bahan lemari arsip memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga perlu diperhatikan pemilihan dan penataannya agar ruangan tidak bertambah sempit.

Penulis

Tulis Komentar