Reading Time: 2 minutes

Ada banyak produk kesehatan yang diincar kala pandemi COVID-19 ini, satu di antaranya adalah face shield atau pelindung wajah. Tak hanya digunakan oleh tenaga kesehatan saja, face shield juga mulai banyak digunakan oleh masyarakat, khususnya yang sudah mulai beraktivitas di masa new normal. Berikut ulasan mengenai face shield, kegunaannya, serta cara untuk merawatnya.

Apa Itu Face Shield?

Face shield atau pelindung wajah merupakan bagian dari APD atau Alat Pelindung Diri. Alat ini berupa penutup wajah, layaknya perisai, yang terbuat dari plastik transparan. Tak seperti masker yang hanya menutupi area hidung dan mulut saja, pelindung wajah ini menutupi area wajah secara keseluruhan.

Kegunaan Pelindung Wajah

Sama seperti masker, di era pandemi seperti ini Anda dianjurkan untuk memakai pelindung wajah ini agar terhindar dari paparan virus COVID-19. Pelindung wajah ini memang direkomendasikan oleh tenaga medis untuk digunakan, agar bisa mengurangi risiko penularan virus COVID-19. Penggunaan pelindung wajah ini bahkan terbilang lebih nyaman dibandingkan masker.

Baca juga : Supplier Alat Kesehatan dan 3 Usaha Kesehatan Lain yang Dibutuhkan Kala Pandemi

Dengan memakai pelindung wajah, bernapas terbilang jauh lebih nyaman, karena masih ada ruang yang tersisa antara alat ini dengan hidung. Selain itu, pemakaian face shield atau pelindung wajah inijuga bakal lebih memudahkan lawan bicara memahami perkataan Anda, karena plastiknya yang transparan. Dengan begini, interaksi pun bisa berjalan lancar, tanpa takut risiko penularan COVID-19.

Cara Merawat Pelindung Wajah / Face Shield

Beda dengan masker medis yang hanya bisa digunakan sekali saja lalu dibuang, banyak produk pelindung wajah yang bisa Anda gunakan sesering mungkin. Namun, tentu saja ada protokol yang mesti Anda patuhi, dalam membersihkan dan merawatnya, agar terhindar dari paparan virus dan juga tahan lama digunakan. Berikut cara merawat pelindung wajah yang bisa Anda terapkan.

  • Bersihkan Pelindung Wajah Setelah Digunakan

Setelah Anda menggunakan pelindung wajah ini saat beraktivitas di luar, jangan lupa untuk membersihkannya. Anda bisa gunakan air sabun yang lembut, untuk membersihkan plastik transparan pada pelindung wajah ini. Ingat, hindari penggunaan sikat dengan bulu yang tajam, karena bisa mengakibatkan munculnya goresan pada plastik pelindung wajah ini.

Setelah Anda membersihkannya, biarkan pelindung wajah tersebut kering, sehingga bisa kembali digunakan keesokan harinya. Mengapa pelindung wajah ini harus dibersihkan dengan sabun? Alasannya tentu saja karena adanya kemungkinan kotoran atau bahkan virus yang menempel di permukaan plastik pelindungnya.

  • Simpan dengan Baik Jika Tak Digunakan

Jika tak sedang digunakan, maka simpanlah pelindung wajah yang Anda miliki di tempat yang aman. Pelindung wajah yang dibiarkan saja tergeletak di sembarang tempat, berisiko mengalami kerusakan, misalnya saja terkena goresan dari benda lain. Bisa juga pelindung wajah ini patah, karena Anda tak sengaja menginjaknya atau menjatuhkannya.

Simpanlah pelindung wajah di tempat yang sejuk, tak terkena paparan sinar matahari langsung, serta tentunya bersih. Anda bisa sediakan rak khusus, untuk menyimpan pelindung wajah yang digunakan oleh Anda dan anggota keluarga lainnya. Jika memungkinkan, sediakan lebih dari satu pelindung wajah, sehingga Anda tak repot jika sekiranya alat ini belum kering saat akan dipakai. 

Itulah tadi ulasan singkat mengenai face shield atau pelindung wajah beserta dengan kegunaan dan juga cara merawatnya. Saat menghadapi new normal seperti sekarang ini, keberadaan alat kesehatan satu ini terbilang wajib hukumnya. Anda tentu tak mau ambil risiko terpapar virus COVID-19, karena urung menaati rekomendasi perlindungan diri yang diberikan oleh tim medis.

Penulis

Tulis Komentar