Reading Time: 3 minutes

Saat ini permintaan masker naik signifikan karena penyebaran virus. Sebagian besar orang mencari masker yang berfungsi dapat mencegah dari penularan virus. Salah satu masker yang diyakini efektif dalam menyaring 95% partikel di udara adalah masker N95. Masker dengan bentuk bulat warna putih yang sering dicari. Berikut fakta, fungsi serta efektifitasnya!

Desain Masker

Memiliki bentuk bulat dan berwarna putih serta dibuat khusus agar tidak cepat rusak. Dinamakan N95 menunjukkan bahwa masker ini mampu menyaring partikel udara PM2.5 hingga 95%. Masker ini tidak dirancang untuk ibu hamil, anak-anak dan lansia maupun orang dengan gangguan paru kronis.

Masker ini digunakan saat berada di daerah yang penuh dengan polusi maupun di sekitarnya. Maka dari itu, biasanya masker ini digunakan oleh pekerja lapangan yang setiap harinya terpapar polusi atau partikel kecil di sekitarnya. Hal ini juga membuat masker dirancang dengan ukuran untuk orang dewasa saja.

Kode N95 yang tercantum pada masker memiliki arti : N berarti not resistant to oil yaitu tidak anti minyak. Sedangkan angka 95 memiliki arti dapat mengurangi 95% partikel atau polutan udara yang sangat kecil dengan ukuran 0,3 mikron. Terbuat dari beberapa lapisan filter serta dilengkapi dengan lapisan tambahan karbon aktif.

Fakta Masker N95

Kode N95 yang tercantum pada masker diklaim dapat menyaring partikel hingga 95% sehingga sangat diandalkan untuk pemakai di daerah berpolusi. Masker tidak tahan dengan paparan uap dari bahan kimia, karbon monoksida, timah, serta lingkungan dengan oksigen rendah. Hal ini menjadi faktor masker umumnya dipakai untuk pekerja lapangan.

Fungsi dari masker akan lebih efektif jika cara memakainya sudah benar. Pastikan nose clip berada di atas hidung serta hidung dan mulut telah tertutup. Nose clip harus ditekuk agar tidak ada celah di atas hidung. Udara yang dihirup hanya udara bersih, segera lepaskan masker jika mulai terasa mual dan pusing apalagi hingga sesak napas.

Agar tetap aman digunakan, masker ini harus diganti berkala setiap 8 jam sekali. Tidak dianjurkan digunakan sehari-hari dan dalam waktu yang lama. Masker yang sudah tidak layak dipakai adalah yang sudah tidak pas di wajah saat dipakai. Meskipun bisa dicuci, namun masker ini bersifat sekali pakai.

Fungsi Masker N95

Fungsi masker ini hampir sama seperti masker pada umumnya yaitu melindungi sekitar hidung dan mulut dari polutan di udara. Masker ini efektif menyaring partikel hingga 95% sesuai kode yang dicantumkan di masker. Dapat digunakan untuk orang yang menderita influenza atau adanya gangguan pernapasan ringan yang diakibatkan debu.

Masker ini dapat digunakan untuk mencegah penularan virus corona jika digunakan dengan benar. Terdapat penyaring khusus di dalamnya yang dapat menangkal masuknya virus ke tubuh. Tetap menggunakan masker ini sesuai aturan yang benar, segera ganti jika terdapat kecacatan.

Efektivitas Masker N95

Efektif menyaring partikel padat berukuran kecil yang beterbangan di udara seperti debu, butiran gandum, batu bara dan pasir. Dapat menghilangkan partikel non minyak yang cair seperti semprotan parfum, pembunuh serangga, deodoran dan lainnya. Jika penggunaannya benar, maka lapisan filtrasi akan bekerja dengan baik.

Pemakaian masker lebih efektif jika pas menutup seluruh area hidung dan mulut. Tidak dianjurkan untuk orang yang memiliki jenggot dan kumis karena dapat merusak masker dan membuat celah. Jika masker terasa longgar, kencangkan tali agar pas dan nyaman di wajah serta menutup area hidung dan mulut.

Baca juga : 10 Rekomendasi Merek Hand Sanitizer Terbaik 

Cara merawat dan menyimpan harus benar. Masker harus diganti setiap 8 jam sekali Karena telah cukup banyak menyaring polutan. Hal ini dilakukan agar fungsi masker tetap efektif. Masker yang berlabel “single-use” hanya dapat sekali dipakai, namun untuk yang tidak, bisa dicuci tanpa detergen dan dikeringkan serta dapat digunakan 2-3 hari. Fungsi, fakta serta efektifitas dari masker N95 telah dipaparkan di atas. Lebih jelas mengenai gambar dan harganya  bisa dicek di laman mbizmarket.co.id. Masker atau respirator apapun itu memiliki fungsi sesuai kebutuhan. Semua bisa bekerja efektif jika penggunaan dan perawatannya benar.

Penulis

Tulis Komentar