Reading Time: 2 minutes

Wabah yang sedang terjadi saat ini, membuat kebutuhan alat pelindung dari semakin naik signifikan. Salah satunya adalah kebutuhan masker. Masker bedah atau masker sensi paling banyak diburu sehingga jumlahnya berkurang di pasaran. Alternatif lain dengan membuat masker kain. Tak sembarangan kain dapat digunakan untuk masker, berikut macam desain masker kain!

  • Masker Tenun

Masker yang pertama dirilis oleh desainer Wignyo Rahadi ini dibuat tanpa menggunakan mesin. Desain masker nuansa etnik kontemporer. Setiap masker memiliki motif yang berbeda sehingga dapat dijadikan koleksi. Selain jenis masker fashion, masker ini juga dibuat sebagai sarana berdonasi untuk para pekerja yang telah kehilangan pekerjaan.

  • Masker Kain Perca

Masker yang terbuat dari sisa bahan konveksi ini dibuat dengan tiga macam lapis yaitu lapis 1, lapis 2 dan lapis 3. Tak hanya dirancang dengan beragam motif, masker jenis ini juga dirancang dengan beragam jenis kain seperti katun Jepang terjangkau. Sasaran dari masker ini lebih ke anak-anak yang susah mendapatkan masker dengan ukuran pas.

  • Masker Kain Hijab

Masker ini biasanya terbuat dari bahan Katun Oxford membuat pemakainya nyaman. Dapat digunakan berkali-kali karena dapat dicuci. Selain ramah untuk yang berhijab, masker ini juga dapat digunakan untuk yang tidak memakai hijab. Tersedia dengan berbagai macam tali seperti karet, empat tali bersilangan, dua tali dan lainnya.

  • Masker kain polos

Masker yang sasarannya lebih universal, tidak harus yang memakai hijab dalam sehari-harinya. Desain masker memiliki tali yang disangkutkan di telinga  dan yang melingkar di kepala. Berbahan dasar katun atau turunannya sehingga nyaman digunakan dalam keseharian. Dijual dengan harga terjangkau, masker ini juga dapat berkali-kali dipakai.

  • Masker Bahan Oxford

Masker yang dapat digunakan sehari-hari oleh laki-laki dan perempuan baik yang berhijab maupun yang tidak. Mudah didapatkan di mana saja karena tersedia di online, apotik dan toserba. Harga terjangkau dan bisa dicuci sehingga tidak hanya sekali pakai.

  • Masker Buff Bandana

Masker dipakai hingga menutupi telinga dan bisa digunakan untuk perempuan berhijab jika berkenan. Pemakaian terlalu lama menimbulkan penggunaanya kurang nyaman karena menutupi separuh area kepala. Sasaran masker ini adalah pengendara motor, sehingga digunakan saat perjalanan jauh dengan mengendarai motor.

  • Masker Kain Tiga Lapis

Masker yang dirancang lengkap dengan filtrasi ini terbuat dari bahan kain polos. Masker yang terdiri dari dua lapisan berbahan kain dan bagian tengah yang dapat dimasukkan tisu. Tisu ini berfungsi sebagai filter. Karena filternya hanya sebuah tisu, diharuskan mengganti tisu setiap saat agar masker tetap efektif digunakan.

Masker tiga lapis yang digadang mampu mencegah dari penyebaran virus, kini diproduksi dengan beragam desain. Masker kain tiga lapis ini diklaim dapat mencegah virus hingga 70%. Masker yang miliki harga murah, mudah didapatkan dan ekonomis karena dapat digunakan berkali-kali dengan cara perawatan dan mencuci yang benar. 

Baca juga : Masker N95: Fakta, Fungsi dan Efektivitasnya

Masker yang dipakai harus memenuhi kriteria agar efektif dalam mencegah virus. Lapisan masker paling luar bersifat anti air atau hidrofobik sehingga dapat mencegah cairan masuk ke dalam. Bagian tengah merupakan bagian filtrasi yang dapat menyaring partikel berbahaya. Bagian terdalam untuk menyerap air yang keluar dari mulut (hidrofilik). 

Itulah macam-macam masker kain beserta fungsinya masing-masing.  Macam masker kain yang telah disebutkan, bisa dilihat lebih lengkapnya di laman mbizmarket.co.id. Masker yang  digunakan akan efektif jika cara memakai dan merawatnya benar. Masker kain umumnya berfungsi menghindari droplet ke orang lain.

Penulis

Tulis Komentar