Waktu Baca / 3 Menit

Ada berbagai jenis lembaga di Indonesia yang berhubungan dengan izin edar suatu produk. Salah satunya adalah Lembaga Sertifikasi Produk LsPro.

Lembaga ini memiliki peran penting bagi para pelaku usaha yang memiliki produk tertentu. Berikut akan dibahas lebih lengkap mengenai pengertian serta tugas dari lembaga yang satu ini.

Pengertian

LsPro adalah sebuah lembaga yang memiliki wewenang melakukan pemeriksaan dan memastikan standar mutu dari suatu produk.

Lembaga ini bisa berada di bawah pengelolaan pemerintah maupun pihak swasta. Peran penting dari LsPro ini sangat mendukung kebijakan dari pemerintah yang berhubungan dengan status SNI produk.

Setiap jenis produk atau barang yang beredar di masyarakat jelas harus dipastikan memiliki kualitas dan mutu. Standar mutu ini digunakan untuk memastikan bahwa produk tersebut tidak melanggar aturan keselamatan. Produk juga harus dipastikan tidak membahayakan kondisi kesehatan maupun lingkungan hidup.

Tugas yang dijalankan LsPro sangat berpengaruh bagi kehidupan masyarakat. Agar bisa menjalankan tugas tersebut, maka lembaga ini perlu memiliki laboratorium dan fasilitas pengujian yang sesuai dengan standar.

Selain itu, hasil evaluasi lembaga ini juga harus melewati akreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) agar terjamin kredibilitasnya.

Nama Lembaga

Ada banyak LsPro yang ada di Indonesia. Tentu saja tugasnya tetap sama yaitu memastikan mutu dan kualitas suatu produk. Berikut ini adalah beberapa nama LsPro yang beroperasi di Indonesia.

  • Lembaga Sertifikasi Produk Baristand Medan
  • Lembaga Sertifikasi Produk BBK
  • Lembaga Sertifikasi Produk Jogja Product Assurance
  • Lembaga Sertifikasi Produk B4T atau Balai Besar Bahan dan Barang Teknik

Beberapa nama tersebut hanyalah contoh kecil dari keseluruhan lembaga sertifikasi produk yang ada di Indonesia. Setiap lembaga memiliki lingkup yang berbeda-beda. Namun, prosedur yang dilalui untuk bisa mengajukan sertifikasi ke lembaga-lembaga tersebut secara garis besar sama.

Tugas LsPro

Keberadaan LsPro sangatlah penting, baik bagi perusahaan maupun pihak pembeli atau konsumen. Lembaga ini memiliki tugas penting yang harus dijalankan. Berikut adalah beberapa tugas yang dilakukan oleh Lembaga Sertifikasi Produk LsPro.

1. Menguji Produk

Lembaga ini memiliki tugas penting dalam pengujian produk. Setiap produk yang didaftarkan ke LsPro akan melalui tahap pengujian. Itulah mengapa lembaga ini membutuhkan fasilitas laboratorium agar proses pengujian bisa berjalan lancar dan efektif.

Fasilitas laboratorium di satu LsPro dengan yang lain bisa berbeda tergantung kebutuhan dan fokus sertifikasi produk yang dilakukan.

Baca juga:
Pengertian Shop Drawing dan Cara Efektif Pembuatannya

Pengujian produk dilakukan untuk mengetahui detail informasi produk. Dari hasil pengujian ini kemudian bisa didapatkan data apa saja yang menjadi komposisi atau komponen dari produk tersebut. Data inilah yang kemudian dijadikan sebagai acuan untuk mengambil keputusan sertifikasi produk.

2. Menentukan Kelayakan Produk

Setelah melewati proses pengujian, maka sebuah produk bisa dinyatakan layak atau tidak. Jika produk yang diuji terbukti aman, maka pihak LsPro akan memutuskan bahwa produk tersebut layak beredar.

Sebaliknya, apabila ditemukan kesalahan pada hasil pengujian maka produk belum bisa dinyatakan layak dan harus dievaluasi kembali.

Apabila produk belum layak untuk diedarkan di masyarakat, maka kekurangan produk tersebut harus diinformasikan secara detail. Pihak LsPro perlu memberikan alasan apa yang membuat produk belum bisa mendapatkan sertifikat dan harus ditahan dulu sebelum beredar.

3. Memberikan Sertifikat Produk 

Setelah melalui proses pengujian dan produk dinyatakan layak, maka sertifikat bisa dikeluarkan. Sertifikat hanya bisa diberikan jika produk sudah memenuhi standar mutu yang berlaku. Tentu saja pengeluaran sertifikat ini menjadi tujuan akhir dari para pemilik produk.

Perlu diketahui bahwa proses yang harus dilalui hingga sertifikat berhasil terbit tidaklah mudah. LsPro juga membutuhkan waktu untuk melakukan pengujian. Pihak perusahaan pendaftar harus sabar dalam menunggu putusan bahwa produk layak edar dan bisa mendapatkan sertifikat.

Tujuan Sertifikasi

Mengapa LsPro begitu dibutuhkan dan apa sebenarnya tujuan dari sertifikasi ini? Berikut adalah tujuan sertifikasi produk yang membuat keberadaan LsPro menjadi begitu penting.

1. Kepentingan Perusahaan

Sertifikasi produk tentu menjadi kepentingan bagi pihak perusahaan. Perusahaan pastinya mengharapkan produk yang mereka hasilkan bisa beredar secara aman di masyarakat. Hal tersebut hanya bisa didapatkan jika produk tersebut sudah mendapat sertifikasi resmi dari LsPro.

2. Kebutuhan Konsumen

Proses sertifikasi produk penting karena memenuhi kebutuhan konsumen. Setiap konsumen tentu membutuhkan produk yang terjamin aman dan memenuhi standar mutu.

Konsumen akan lebih percaya dengan produk yang memiliki sertifikat resmi. Kinerja dari LsPro akan memberikan begitu banyak kemudahan konsumen dalam menggunakan suatu produk.

3. Memudahkan Pemasaran

Sertifikasi produk juga berpengaruh pada proses pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Jika produk sudah mendapat sertifikat dan teruji mutunya, maka lebih mudah bagi perusahaan untuk memasarkan produk.

Proses promosi jauh lebih lancar karena konsumen juga lebih mudah untuk dibuat percaya dengan produk tersebut. Angka penjualan produk juga bisa meningkat berkat adanya sertifikat produk.

4. Menjaga Kredibilitas Produk

Proses sertifikasi produk juga dilakukan untuk menjaga kredibilitas dari produk itu sendiri. Adanya sertifikat resmi akan membuat kualitas produk lebih dipercaya oleh masyarakat.

Poin ini sangat penting untuk membantu meningkatkan angka penjualan produk tersebut. Perusahaan juga wajib mengupayakan yang terbaik agar produk bisa mendapat sertifikat demi kebaikan bersama.

Lembaga Sertifikasi Produk LsPro menjadi salah satu lembaga yang memiliki peran penting baik bagi perusahaan maupun konsumen. Lembaga ini akan menjamin mutu setiap produk yang beredar luas di masyarakat.

Penting sekali bagi para pelaku usaha untuk segera mengurus sertifikasi produk mereka demi kemudahan perusahaan sekaligus konsumen.

Tulis Komentar