Ada banyak jenis lap yang dijual di pasaran, salah satu yang paling dianggap ampuh untuk membasmi kotoran adalah lap microfiber. Lap yang terbuat dari bahan ini memang dikenal memiliki daya serap yang tinggi dibandingkan jenis lap lainnya. Berikut ulasan mengenai lap microfiber, fungsinya, serta cara yang tepat untuk merawatnya.

Apa Itu Lap Microfiber?

Sebagian Anda mungkin masih bertanya-tanya, apa itu lap microfiber dan mengapa lap ini berbeda dengan lap lainnya. Sesuai namanya, lap atau kain pembersih satu ini terbuat dari bahan microfiber. Microfiber merupakan serat halus yang dihasilkan dari teknologi microfiber. Kehalusan serat ini bahkan 40 kali lebih kecil dibanding serat wol, serta 10 kali lebih kecil dibanding serat kain sutra.

Kain pembersih microfiber yang banyak dijual di pasaran saat ini, umumnya terdiri dari 20 persen bahan nilon dan 80 persen sisanya dari poliester. Bahan nilon yang terkandung di dalamnya akan menyerap air, sedangkan bahan poliester akan mengikat kotoran dan juga minyak dengan sempurna. Inilah alasan mengapa lap berbahan ini sangat disukai untuk bersih-bersih.

Kegunaan Lap Berbahan Microfiber

Lap yang terbuat dari bahan microfiber ini banyak digunakan oleh ibu rumah tangga, untuk membersihkan area yang kerap ditempeli kotoran dalam rumah. Lap satu ini terutama sekali kerap digunakan untuk membersihkan area dapur, karena sangat ampuh membersihkan noda yang mengandung minyak.

Lap berbahan micro fiber juga kerap digunakan untuk mengepel lantai. Kotoran di lantai dijamin akan terangkat semuanya, karena daya serap lap ini bisa mencapai 7 hingga 8 kali berat lap ini sendiri. Anda juga bisa membersihkan perabotan rumah tangga, bahkan kendaraan bermotor dengan menggunakan lap berbahan ini. Dijamin, permukaan perabotan akan kinclong kembali.

Cara Merawat Lap Microfiber

Supaya bisa awet dan dipergunakan untuk jangka waktu yang lama, Anda tentu harus merawat lap berbahan micro fiber yang Anda miliki dengan saksama. Jangan dibiarkan teronggok begitu saja setelah digunakan, karena akan membuatnya cepat rusak. Berikut cara tepat untuk merawat lap berbahan micro fiber agar awet dan juga membuat Anda bisa hemat, karena tak perlu beli yang baru.

  • Cuci Lap Setelah Digunakan

Jangan lupa untuk mencuci lap setelah Anda gunakan. Anda bisa gunakan deterjen tanpa bahan pewarna, untuk mencuci lap tersebut. Hindari penggunaan bahan pemutih, karena bahan tersebut bisa merusak serat microfiber yang terkandung dalam lap tersebut. Anda juga tak direkomendasikan untuk menggunakan cairan pelembut dan pewangi pakaian untuk membersihkannya.

  • Jangan Campurkan Lap dengan Cucian Lainnya

Pisahkan lap berbahan microfiber dengan cucian lainnya, saat Anda akan membersihkannya. Ini berlaku baik untuk Anda yang mencuci dengan tangan atau pun dengan mesin cuci. Lap berbahan ini dapat menyerap kotoran dari cucian lain, jika pencuciannya tidak dipisah. Jika begini, tentu saja pencucian lap tersebut tidak akan efektif.

Baca juga : Lindungi dari Virus, 5 Rekomendasi Vendor Masker untuk Dipakai Saat Pandemi 

  • Jemur Lap di Tempat yang Teduh

Setelah dicuci, jemurlah lap tersebut di tempat yang tak terkena paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari yang terik dan menyengat, bisa merusak serat micro fiber yang terkandung dalam lap tersebut. Maka dari itu, carilah tempat yang teduh, lalu jemur lap tersebut di sana hingga kering optimal. Itulah tadi ulasan singkat mengenai lap microfiber, beserta dengan fungsi serta cara merawatnya agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Lap berbahan microfiber ini sangat ampuh untuk Anda gunakan membersihkan area yang banyak noda dan kotorannya di rumah. Serat micro fiber dalam lap ini akan langsung mengikat kotoran dan juga minyak, hingga bersih seperti sedia kala.

Penulis

Tulis Komentar