Kategori

Lainnya

Kategori
Reading Time: < 1 minute

Setiap pengusaha punya caranya sendiri untuk mengatur keuangan. Tapi ada beberapa cara yang kadang terlihat sepele tapi juga bisa merugikan bisnis kedepannya. Ini dia beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengatur keuangan untuk UMKM.

  1. Jangan mencampur uang pribadi dan uang bisnis.

Jangan menggabungkan rekening pribadi dengan rekenining bisnis. Jika kamu punya rekening yang jarang terpakai, bisa dialihkan untuk uang bisnis. Terlebih jika Anda memiliki kartu kredit untuk pembelian/pembayaran operasional, jangan gunakan untuk kebutuhan pribadi juga. Jika kamu tidak sengaja membeli kebutuhan usaha dengan uang pribadi, pastikan untuk mencatat atau langsung menggantinya.

`2. Sisihkan keuntungan untuk pengembangan produk

Jangan terlena dengan keuntungan besar di awal. Pastikan untuk menyisihkan biaya untuk inovasi dan pengembangan/penyempurnaan produk. Pengembangan/penyempurnaan bisa berupa perubahan kualitas packaging dan hal lainnya. Jika ada keuntungan yang lebih juga bisa diubah menjadi potongan diskon sebagai promo di penjualan berikutnya untuk memancing lebih banyak pembeli.

3. Siapkan dana cadangan (20% dari keuntungan)

Melihat kondisi pandemi, bisnis rintisan tentunya harus lebih waspada. Sisihkan dana cadangan sekitar 20% dari keuntungan. Dana ini dibutuhkan untuk banyak hal, membantu menutup biaya kerusakan alat operasional bila dana operasional tidak cukup, membantu menutup kerugian jika jumlahnya cukup besar, dan hal lainnya.

4. Buat pencatatan online

Jangan cuma mengandalkan catatan manual dan struk belanja fisik. Masukan semua data di aplikasi pencatatan online atau di email agar bisa tersimpan selamanya. Foto semua struk dan masukan ke dalam email agar bisa menjadi bukti di kemudian hari.

Jika kondisi pandemi belum memungkinkan Anda untuk sering membuka toko, jangan lupa untuk aktifkan penjualan di marketplace. Di Mbizmarket, kamu bisa melakukan penjualan dengan harga grosir, pilihan sistem pembayaran di depan atau berjangka yang fleksibel agar pembeli semakin tertarik dan juga keuntungan lainnya. Ayo gabung sekarang!