Kategori

Lainnya

Kategori

Apa masih realistis bikin bisnis saat resesi? Baca artikel 3 menit ini untuk tahu bisnis yang masih akan tahan hingga tahun mendatang

Topik resesi mulai diumumkan di banyak negara, tapi memang belum terdengar ramai di linimasa media sosial secara terang-terangan. Lalu kita bisa apa? Apakah tips dengan menyimpan duit pegangan dan investasi kecil-kecilan hanyalah jawaban utama. Kalau mulai bisnis, apakah masih realistis? Tentunya masih, asal bisnis yang dijalankan memang memiliki permintaan pasar yang tinggi di kala pandemi. Lalu tipe bisnis apa saja?

  1. Groceries dan frozen food. Tak bisa dipungkiri bahwa bisnis makanan menjadi pilihan nomor 1 selama pandemi. Bisnis frozen food dan grosiran belanja bulanan bertumbuh pesat sejak orang-orang #dirumahaja. Baik karyawan, mahasiswa, anak sekolah menghabiskan waktu di rumah sehingga konsumi makanan menjadi berkali lipat. Lalu menjual frozen food seperti apa? Dimsum, sosis, nugget, siomay, bakpau menjadi pilihan paling mudah dan laris manis untuk para pemula.
  2. Personal Assistant. Bisnis ini memang lebih sering dijalankan secara perorangan. Biasanya digunakan untuk membelanjkan sesuatu yang mungkin sulit didapatkan secara online. Sebagai personal shopper, bisnis ini lebih banyak digunakan oleh pembeli di kategori fashion dan produk kecantikan.
  3. Jasa Perbaikan. Karena lebih banyak menghabiskan waktu di rumah, gaya hidup yang berhubungan dengan memperbaiki, merenovasi, dan mempercantik di rumah pun bermunculan. Selain itu untuk jasa perbaikan AC dan instalasi listrik pun banyak dicari. Jadi jika Anda memiliki skill di bidang jasa perbaikan dan yang telah disebutkan di atas, tidak ada salahnya untuk memulainya lebih ke arah profesional. Di Mbizmarket, kami juga menyediakan fitur SKU untuk jasa agar bisa lebih ditemukan oleh calon pembeli di online.
  4. Kurir Pengiriman (on-demand). Bisnis baru bermunculan, jasa pengiriman pun menjadi bisnis yang menjanjikan. Faktanya, tidak sedikit produk yang membutuhkan jasa pengiriman yang khusus karena terkadang jika dikirim melalui transportasi online bisa mengalami beberapa risiko tertentu. Dengan jaminan kualitas pengiriman dan lingkup area pengiriman area yang luas, merintis bisnis pengiriman bisa jadi sangat menjanjikan lho!

Ada satu lagi solusi untuk para pebisnis di kala pandemi! Kini di Mbizmarket, Anda bisa melakukan pinjaman modal yang sistemnya telah terintegrasi dengan Investree. Melalui pinjaman modal ini, Anda cukup mendaftar dengan jaminan dokumen pembelian (Purchase Order) dari transaksi di Mbizmarket. Jadi pastikan Anda membuka toko dulu di Mbizmarket agar semakin mudah melakukan ajuan pinjaman!