Waktu Baca / 3 Menit

Usaha rakyat memang sudah seharusnya didukung dan dibantu oleh pemerintah. Nah, untuk mewujudkan hal tersebut, pemerintah membantu dengan memberikan bantuan berupa kredit usaha rakyat atau KUR.

Kredit Usaha Rakyat ini disalurkan lewat beberapa lembaga seperti bank BRI, BNI, Mandiri, BTN, Syariah Mandiri dan Bukopin!

Apa Itu KUR / Kredit Usaha Rakyat?

KUR adalah salah satu fasilitas yang diberikan pemerintah melalui perbankan kepada UMKM atau usaha yang bergerak di bidang produktif seperti pertanian, perikanan dan kelautan, perindustrian, kehutanan dan jasa simpan pinjam.

Dengan adanya fasilitas yang diberikan pemerintah ini, diharapkan masyarakat lebih mudah mendapatkan pelayanan.

Apa Tujuan Adanya KUR?

Secara umum, tujuan dari penyelenggara KUR ini adalah untuk memberdayakan usaha mikro, kecil, menengah dan juga koperasi. Tujuannya tentu saja untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan menanggulangi kemiskinan.

Agar semua bisa berjalan dengan baik, pemerintah juga menerapkan kebijakan pengembangan dan pemberdayaannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sektor riil dan memberdayakan UMKM.

Kebijakan yang dimaksud dalam penyelenggaraan kredit usaha rakyat ini adalah untuk peningkatan akses kepada sumber pembiayaan, pengembangan kewirausahaan, peningkatan pasar produk UMKM dan reformasi regulasi UMKM.

Bagaimana Cara Mengajukannya?

Jika kamu mau ingin mengajukan KUR ini, ada hal yang harus kamu patuhi dulu. Ada syarat dan cara yang harus kamu lakukan. Pertama, pastikan usaha kamu sudah termasuk dalam usaha produktif. Beberapa contoh usaha produktif yang dimaksud adalah usaha kerajinan, usaha salon kecantikan, rumah makan dan lain sebagainya.

Selain itu, kamu juga harus mempersiapkan berkas atau dokumen-dokumen yang mendapatkan kredit ini. Dokumen yang diperlukan terdiri dari kartu identitas baik itu KTP, KK ataupun surat keterangan domisili.

Selain itu, kamu juga harus melampirkan legalitas usaha yang terdiri dari akta pendirian usaha, izin usaha seperti SIUP dan TDP.

Baca juga:
Jenis Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Serta Manfaatnya

Selain itu, kamu juga harus melampirkan laporan keuangan, proposal usaha dan persyaratan tambahan lain yang mungkin diminta bank tatkala pengajuan kredit usaha rakyat. Setelah semuanya siap, kamu harus mendatangi kantor bank yang menyalurkan KUR tersebut.

Beberapa bank yang ditunjuk untuk menyalurkannya adalah bank BRI, BNI, BTN, Mandiri, Bukopin, BNI Syariah dan Syariah Mandiri.

Jangan lupa, ketika kamu mendatangi kantor bank tersebut, mintalah kejelasan cara penyaluran kreditnya juga.

Jika sudah mendapatkan kejelasan, maka ikutilah semua prosedur untuk mendapatkan KUR tersebut. Serahkan juga surat permohonan kredit usaha rakyat serta dokumen yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Terakhir, bank nantinya akan melakukan survei terhadap usaha yang kamu jalankan.

Dalam melakukan survei ini, nantinya pihak bank akan menilai apakah pengajuan KUR yang kamu ajukan layak diterima atau tidak. Jika menurut penilaian mereka usaha yang kamu jalankan memenuhi syarat, maka pengajuan kredit usaha ini akan disetujui dan segera cair.

Tips Pengajuan Kredit Usaha Rakyat

Agar pengajuan kredit berjalan mulus, kamu bisa menerapkan beberapa tips berikut. Pertama, pastikan kamu tidak sedang memperoleh pembiayaan dari KUR bank lain.

Selain itu, sebaiknya usaha yang kamu jalankan sudah beroperasi atau berjalan paling tidak enam bulan. Jadi, bukan usaha yang masih dalam tahap rencana, ya!

Mengapa bisa begitu? Sebab, KUR ini bertujuan untuk memperkuat eksistensi usaha kamu. Bukan untuk modal. Apalagi, nantinya pihak bank juga akan melakukan survei terhadap usaha yang kamu jalankan.

Selain itu, pastikan usaha kamu sehat. Sehat di sini maksudnya adalah usaha dalam keadaan untung dan tidak merugi dalam hal pembiayaan. Kamu harus membuat laporan keuangan lebih dulu ketika mengajukan KUR ini. Di dalam laporan keuangan ini, setidaknya tercermin laporan usaha kamu sehat.

Selain itu, siapkan juga agunan. Kamu tetap harus menyiapkan agunan ini siapa tahu produk yang kamu ambil adalah produk kredit multiguna sehingga bank harus meminta jaminan atau agunan kredit.

Jadi, sekarang sudah tahu apa yang dimaksud dengan kredit usaha rakyat, kan? Kamu juga tahu bank mana saja yang menyediakan dan bagaimana cara mengajukannya.

Sekarang, setiap pelaku usaha bisa dapat permodalan cukup untuk mengembangkan usahanya dengan jaminan ringan. Jumlah kredit yang bisa didapat juga cukup besar, hingga 25 juta.

Tulis Komentar