Waktu Baca / 2 Menit

Suhu tubuh adalah salah satu penanda kondisi kesehatan tubuh setiap orang. Oleh sebab itu, memeriksa suhu tubuh sangatlah penting demi mengetahui kondisi tubuh secara konkrit.

Alat cek suhu badan yang disebut dengan termometer perlu dimiliki agar memudahkan pemeriksaan suhu tubuh di rumah. Berikut ini adalah beberapa jenis termometer yang aman digunakan dalam pemeriksaan.

1. Termometer Digital

Alat pengukur suhu tubuh yang satu ini adalah yang paling sering digunakan karena aman dan praktis.

Termometer digital ini memberikan data suhu tubuh berupa angka digital yang ditampilkan pada layar LED saat termometer diletakkan di ketiak atau lidah seseorang. Alat pengukur suhu ini juga sangat efektif dipakai karena cara kerjanya yang cepat dan akurat.

Untuk menjamin keakuratannya, gunakan termometer yang memang masih baru atau belum terlalu lama, kurang lebih 6 bulan. Alat ukur suhu ini mudah ditemukan di apotek ataupun toko-toko yang menjual peralatan medis secara umum.

2. Termometer Inframerah

Berikutnya, terdapat termometer inframerah atau biasa disebut dengan thermometer gun karena bentuknya mirip pistol. Alat ukur ini cukup populer dan pemakaiannya sangat aman. Bagaimana tidak, termometer ini dapat mendeteksi suhu tubuh tanpa menyentuh sama sekali.

Caranya cukup mengarahkan dan mendekatkan termometer ke bagian kening. Tunggulah sebentar agar sensor infra merahnya bekerja secara otomatis untuk mendeteksi suhu tubuh.

Jarak pemakaiannya sekitar 3-15 cm dari kening. Jadi, tak heran jika thermometer gun menjadi solusi pemeriksaan suhu tubuh di saat pandemi covid-19 ini.

3. Termometer Telinga

Jenis alat cek suhu tubuh lainnya yang aman digunakan adalah termometer telinga. Cara menggunakannya adalah meletakkan bagian pembaca sensornya di lubang telinga untuk memeriksa suhu badan. Setelah sampai ke bagian dalam telinga, sinar infra merahnya akan mengukur suhunya.

Tingkat keakuratan termometer ini juga cukup tinggi selama menerapkan cara pakai yang benar. Saat menggunakannya, jangan memasukkan terlalu dalam dan cukup sampai permukaan lubang telinga saja.

4. Termometer Empeng Bayi

Apakah Anda pernah mendengar istilah termometer empeng bayi? Ternyata, ada juga jenis termometer yang berbentuk empeng bayi atau disebut juga dengan pacifier thermometer.

Alat ukur suhu ini sangat cocok digunakan untuk mengukur suhu tubuh bayi karena lebih mudah dan praktis. bayi juga tidak akan rewel.

Pemakaiannya juga simpel yaitu dengan cara memasukkannya ke mulut bayi. Tunggulah sementara sampai muncul hasil pengukuran suhu yang ditampilkan di layar termometer. Jadi, pastikan termometer tetap berada di dalam mulut bayi sampai hasil pengukurannya muncul.

5. Thermometer Wearable

Termometer yang satu ini lebih canggih dibandingkan jenis lainnya. Mengapa? Bentuk fisik termometernya sendiri sudah praktis dan fleksibel yaitu dapat dipakai sebagai gelang.

Pada umumnya, termometer ini dipakai untuk memonitor suhu badan bayi saat tidur. Meski demikian, termometer ini juga bisa digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Dengan cara itu, kondisi kesehatan tubuh bisa terpantau dengan mudah. Selain berupa gelang, ada termometer wearable yang berbentuk strip. Cara pakainya dengan menempelkannya di bagian kening.

Cara membaca kedua jenis termometer wearable tersebut juga canggih yaitu melalui aplikasi yang terhubung antara termometer dengan smartphone.

Dengan alat tepat ini, Anda bisa lebih mudah memantau perkembangan kondisi anakItulah berbagai jenis termometer yang dapat dipakai untuk memeriksa suhu tubuh secara aman.

Anda tak perlu cemas lagi untuk memantau kondisi anak karena bisa menggunakan alat cek suhu yang akurat dan pastinya aman. Anda bisa membeli salah satu atau beberapa jenis termometer di atas untuk melakukan pemeriksaan di rumah.

Tulis Komentar