Reading Time: 2 minutes

Penyebaran virus Corona penyebab penyakit COVID-19 yang sulit untuk dideteksi, membuat semua orang memiliki potensi yang sama untuk terjangkiti. Tak jarang, seseorang bisa saja telah terinfeksi virus ini, tanpa melihatkan gejala umum dari penyakitnya. Sebagai deteksi dini atas penyakit ini, Anda disarankan mengikuti rapid test, yang bisa dilakukan dengan memakai Hightop Rapid Test Kit

Apa Itu Rapid Test?

Istilah rapid test mungkin sudah begitu akrab bagi di telinga Anda di kala pandemi ini. Rapid test ini sendiri merupakan sebuah tes serologis, di mana pemeriksaan dilakukan dengan mengambil sampel darah dari ujung jari. Selanjutnya, darah tersebut diteteskan ke alat rapid test atau rapid test kit, untuk melihat ada tidaknya antibodi, penanda seseorang pernah atau sedang terinfeksi virus. 

Nah, untuk rapid test COVID-19 sendiri, pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat antibodi IgM dan IgG dalam tubuh seseorang. Kedua antibodi ini diketahui akan diproduksi oleh tubuh secara otomatis, saat seseorang terpapar oleh virus Corona. Ada dua kemungkinan yang akan diperoleh dari alat rapid test ini, yaitu hasil positif dan negatif. 

Jika hasil rapid test positif, ada 4 kemungkinan yang bisa terjadi. Pertama, Anda sedang terinfeksi virus Corona dan imun tubuh sedang melawannya. Kedua, virus Corona sudah menginfeksi lama dan imun tubuh masih berjuang melawannya. Ketiga, Anda pernah terinfeksi namun virusnya berhasil dikalahkan. Keempat, tubuh terinfeksi virus yang masih satu keluarga dengan virus Corona.   

Walau bisa dimanfaatkan sebagai alat deteksi dini virus Corona, namun rapid test kit tak bisa sepenuhnya dijadikan landasan seseorang positif atau negatif terinfeksi. Saat hasil rapid test menunjukkan positif terinfeksi, diperlukan pemeriksaan lanjutan dengan menggunakan tes memakai metode swab atau tes PCR. Dengan begini, baru diagnosanya akan lebih akurat. 

Memeriksa Infeksi Virus Corona Menggunakan Hightop Rapid Test 

Anda mungkin satu dari banyaknya orang yang was-was akan kemungkinan adanya infeksi virus Corona di tubuh Anda atau tidak. Jika ingin lebih memastikan, tak ada salahnya Anda berinisiatif menjalani rapid test, tes pendeteksi virus Corona yang terbilang lebih terjangkau dibandingkan tes lainnya. Anda bisa gunakan Hightop Rapid Test untuk mengetahui adanya indikasi infeksi atau tidak. 

Seperti alat rapid test lainnya, Hightop Rapid Test akan mendeteksi antibodi IgM dan IgG dalam komponen darah, serum atau plasma darah secara kualitatif. Anda tak butuh lama menunggu hasil dari rapid test kit satu ini, karena hanya dalam 15 menit saja, hasilnya sudah bisa Anda peroleh.  Kepraktisan dan hasil yang lebih akurat merupakan keunggulan dari rapid test kit satu ini. 

Mengapa bisa dibilang lebih akurat? Alasannya karena sensitivitas dan spesifisitas alat ini dalam mendeteksi kedua antibodi, IgM dan IgG, terbilang tinggi. Sensitivitasnya atas keberadaan antibodi IgM sebesar 82 persen, sedangkan spesifitasnya adalah 97 persen. Sedangkan untuk antibodi IgG, sensitivitasnya sebesar 93 persen dan spesifitasnya adalah 97.5 persen. 

Baca juga : Sebelum Membeli, Kenali 7 Macam Masker Kain di Pasaran

Cara menggunakan rapid test kit ini sama dengan cara penggunaan rapid test kit kebanyakan. Walau terdengar mudah untuk dilakukan sendiri, sebaiknya Anda memakai jasa tenaga kesehatan untuk mengetes darah Anda menggunakan alat rapid test ini. Selain jadinya lebih higienis dan sesuai aturan, tenaga kesehatan pun bisa memberikan panduan lanjutan jika sekiranya hasilnya positif. Itulah tadi ulasan singkat mengenai alat rapid test, fungsi, beserta dengan cara kerjanya. Jika ingin mendeteksi dini kemungkinan infeksi virus Corona di tubuh, Anda bisa gunakan Hightop Rapid Test, rapid test kit berkualitas yang diproduksi oleh Cina. Sebaiknya, gunakan jasa tenaga kesehatan untuk memeriksa sampel darah Anda menggunakan rapid test kit tersebut.

Penulis

Tulis Komentar