Waktu Baca / 2 Menit

Kecelakaan bisa saja terjadi di manapun, tak terkecuali saat Anda berada di rumah. Misalnya terluka karena teriris pisau dapur, anak yang terjatuh dari kasur, anak bermain sepak bola di teras rumah hingga mengakibatkan goresan luka. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan perlengkapan peralatan kesehatan atau health kit. Pasalnya perlengkapan ini bisa membantu sebagai penanganan pertama. Berikut ini beberapa daftarnya yang bisa Anda simpan.

  1. Triangular Bandage  

Peralatan kesehatan ini dapat Anda andalkan pada saat darurat yaitu untuk menolong lengan patah atau untuk menghentikan pendarahan akibat luka. Bagian dari alat kesehatan ini cukup bisa diandalkan kemana saja dan bisa dimasukkan ke dalam jenis tas apapun. Pasalnya perban segitiga ini termasuk peralatan yang ringan sehingga tidak akan menambah beban saat Anda membawanya.

  1. Adhesive Bandage

Selanjutnya ada peralatan berupa perekat yang harus Anda miliki. Perlengkapan ini dapat diandalkan untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri yang dapat masuk melalui goresan apabila terjadi luka. Anda juga bisa menyediakan perekat yang bersifat anti air atau waterproof sehingga luka tetap aman sekalipun basah karena air.

  1. Sarung Tangan Steril

Sarung tangan ini bisa Anda jadikan sebagai pelindung diri saat Anda hendak memegang cairan kimiawi. Misalnya saja Anda hendak memperbaiki tripod patah dan ingin menggunakan lem perekat di mana jika Anda tidak menggunakan sarung tangan pelindung, maka tangan Anda bisa terkena cairan lem tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa menyiapkan sarung tangan ini di rumah.

  1. Cairan Pembersih Luka 

Kecelakaan bisa saja terjadi, sekalipun itu hanya luka kecil yang terjadi saat Anda berada di dapur misalnya. Tidak ada salahnya bahkan harus Anda menyediakan cairan pembersih luka sebagai alat pertolongan pertama Anda. Pasalnya luka yang dibiarkan saja dapat menyebabkan infeksi. Sebelum Anda membalut luka tersebut, Anda bisa membersihkan luka tersebut menggunakan cairan pembersih luka.

  1. Cairan atau Krim Antiseptik

Salah satu isi dari peralatan kesehatan atau health kit adalah cairan atau krim antiseptik. Perlengkapan ini merupakan perlengkapan yang juga harus ada di rumah. Pasalnya cairan antiseptik ini bisa digunakan sebagai pertolongan pertama terutama saat Anda mengalami luka yang mengeluarkan darah. 

  1. Krim Anti Serangga

Di dalam kotak atau tas darurat juga harus berisi krim atau semprotan yang digunakan untuk meredakan gigitan maupun sengatan serangga. Tentu hal ini juga menjadi penting karena Anda tidak bisa memprediksi terjadinya suatu kecelakaan meskipun kecil berupa sengatan atau gigitan serangga. Oleh karena itu, adanya obat atau perlengkapan ini bisa menjadi penolong pertama.

  1. Kain Kasa Berbagai Ukuran

Kain kasa juga bisa digunakan apabila Anda mengalami pendarahan yang lumayan serius. Setelah Anda membersihkan luka dan mengoleskan obat antibakteri atau antiseptik, Anda bisa menutup luka tersebut dengan kain kasa lalu menggunakan perekat agar tidak mudah lepas. 

  1. Obat-obatan Minum

Selain peralatan yang digunakan untuk diaplikasikan, Anda juga harus menyimpan berupa obat-obatan minum. Misalnya saja obat gangguan pencernaan, obat penghilang rasa sakit, obat batuk dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek masa kadaluarsa obat sebelum dikonsumsi. 

Baca juga : 6 Daftar Alat Kesehatan yang Harus Ada di Rumah

Itulah beberapa perlengkapan atau health kit yang harus ada di rumah. Anda bisa menyimpan semua peralatan itu pada kotak darurat atau Anda juga bisa menyimpannya pada tas darurat yang juga bisa dibawa kemana-mana. Apabila Anda memiliki peralatan yang cukup banyak, Anda juga bisa memesan tas darurat yang bisa diisi dengan berbagai jenis peralatan.

Tulis Komentar