Waktu Baca / 2 Menit

Ketika ingin camping selama berhari-hari, tentu persiapannya harus matang. Termasuk ketersediaan makanan pokok untuk kebutuhan gizi sehari-hari. Daripada eceran, memang lebih bagus beli grosir makanan pokok saja sih. Soalnya menurut hitung-hitungan lebih murah. Khusus untuk camping, makanan pokok apa saja yang harus masuk daftar?

1. Madu

Selain enak, madu juga memiliki kadar gizi yang cukup tinggi. Mulai dari mineral, vitamin, serta kandungan penting lainnya untuk tubuh. Kalau ruang penyimpanannya cukup rapat, maka tetap bisa dikonsumsi biarpun berbulan-bulan. Lumayan, kan? Apalagi kalau camping-nya cuma beberapa hari. Pasti bisa tahan deh kalau bawa madu.

Sifatnya yang manis rupanya bisa menjaga perut tetap merasa kenyang biarpun hanya makan sedikit. Katakanlah saat itu makanan yang Anda punya tidak terlalu enak. Nah, ketika dikombinasikan dengan madu, rasa tidak enak itu langsung melebur. Perihal camping memang harus bisa bertahan dalam kondisi apa pun sih. Terutama kalau di pulau terpencil.

2. Kurma

Apakah stok kurma harus banyak kalau mau camping? Tidak perlu banyak-banyak sih. Kan sudah ada madu. Kalau terlalu banyak “manis-manis” yang dibawa, nanti jadi kurang selera pas mau makan nasi atau lainnya. By the way, kenapa kurma wajib masuk daftar belanja untuk kepentingan camping? Soalnya kurma bisa tahan lama sampai 2 bulan.

Kurma merupakan satu-satunya jenis makanan basah yang bisa bertahan lama. Soalnya makanan basah lainnya secara umum gampang basi atau berjamur. Sayang kan kalau belinya sudah banyak, eh, belum habis sudah pada jamuran. Terkait gizi, kurma memiliki kemampuan khusus dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit seperti kanker.

3. Susu Bubuk

Wah, kalau yang ini harus bawa. Soalnya kalau susu kalengan dalam bentuk cair kurang tahan lama. Sedangkan susu bubuk bisa tahan sampai bertahun-tahun. Sebelum beli, pastikan warna susu bubuknya belum berubah, ya. Adanya susu bubuk saat camping tentu bisa menjaga aktivitas tetap lancar. Tubuh pun tidak gampang lelah.

4. Kacang Kering

Secara umum, kacang kering yang disimpan rapat mampu bertahan sampai hitungan tahun. Selain enak, fungsi kacang kering juga bisa menggantikan beras ataupun makanan berkarbohidrat lainnya. Alhasil, kebutuhan suplai energi tetap terjaga meskipun durasi camping-nya cukup lama. Kalau bisa, bawa kulkas mini juga oke buat jaga-jaga.

5. Beras

Daripada bawa nasi yang gampang basi, mending nyetok beras saja. Soalnya beras memiliki daya tahan yang cukup tinggi. Untuk kebutuhan suplai energi, bagusnya isi stok dengan beras putih atau merah? Kalau bisa, pilih beras putih saja. Sebab beras merah itu cenderung cepat berbau. Jadi kurang enak saja sih buat dimakan.

6. Sup Kemasan

Sup kemasan bisa Anda dijadikan alternatif ketika makanan pokok lainnya sudah habis. Apabila tidak dibuka atau diusik, sup kemasan mampu bertahan dalam hitungan tahun (kira-kira 2 tahun). Siapa tahu suatu hari ternyata makanan lain basah kena hujan. Kan masih ada sup kemasan untuk mengganjal perut sebelum pulang dari camping.

7. Gandum

Kebutuhan akan gandum saat camping memang tidak seintens beras. Tapi masih bisa dijadikan alternatif. Terutama kalau camping-nya bawa berbagai peralatan untuk memasak. Sifatnya yang adaptif jadi bisa dikombinasikan dengan bahan makanan lainnya. Misalnya daun bayam, daun kangkung, tempe, ataupun jenis sayuran lain.

Baca juga : 5 Tips Memilih Vendor Cathering yang Cocok untuk Acara Instansi Pemerintah

Setelah beli grosir makanan pokok tersebut, jangan lupa untuk memantau prakiraan cuaca sebelum berangkat. Sayang kalau rencana camping sudah sempurna, ternyata langsung diganggu hujan lebat setibanya di lokasi. Bisa-bisa pulang lagi dan gagal rencana untuk menikmati kehidupan di luar rumah.

Tulis Komentar