Reading Time: 3 minutes

Didukung sistem terpadu, E-Procurement atau yang lebih dikenal dengan pengadaan barang dan jasa online pada sistem Mbizmarket.co.id, sebagai salah satu B2B Marketplace Indonesia. Secara pasti memberikan banyak keuntungan bagi para pelaku bisnis. Nah, apa saja kemudahan yang didapat?

Kelebihan Fitur E-Procurement

Dibanding sistem pengadaan barang dan jasa yang bergerak secara konvensional, e-procurement menawarkan keunggulan sebagai berikut:

1. Jaringan Luas

Setiap pengguna bisa terhubung dengan ribuan vendor yang berbeda. Anda bisa langsung terhubung melalui satu situs, tanpa perlu mencari satu persatu vendor secara manual. Hal ini membuat biaya dan waktu menjadi lebih efisien.

2. Memberikan Banyak Pilihan

Kemudahan lainnya adalah terdapat banyak pilihan harga yang bersaing dengan beragam kualitas produk. Setiap produk yang dijual juga sudah dilengkapi dengan spesifikasi yang jelas dan SKU.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menemukan jenis barang yang sama dengan harga yang berbeda-beda tergantung kualitasnya, membuat perusahaan lebih mudah menentukan barang berdasarkan anggaran dan spesifikasi yang dibutuhkan.

3. Hemat Waktu

Dibanding pengadaan manual, pengadaan barang dan jasa dengan sistem online jauh lebih menghemat waktu. Setiap jenis produk dikelompokkan pada kategori tertentu sehingga tidak perlu susah mencarinya ke mana-mana.

Ada juga fitur Multiple Login pada B2B Marketplace yang memudahkan Anda untuk masuk dengan beberapa akun berbeda. Ini digunakan untuk perusahaan yang ingin memisahkan beberapa kebutuhan pengadaan.

4. Jual Beli Lebih Aman

Pengadaan barang oleh perusahaan melibatkan transaksi yang nominalnya tidak sedikit. Hal ini tentu saja membutuhkan sistem transaksi yang aman sehingga penjual dan pembeli tidak takut saat akan bertransaksi. Fitur e-procurement adalah solusinya.

Dengan ini, transaksi dengan nominal besar sekalipun akan jauh lebih aman. Ada fitur tracking yang membuat Anda bisa memantau proses pengiriman barang hingga sampai tujuan.

Pembayaran dan pengiriman dilakukan dengan sangat transparan sehingga penjual dan pembeli merasa aman dalam bertransaksi hingga menunggu produk yang dipesan sampai.

4. Mudah Mengelola Inventaris

Pengelolaan inventaris biasanya dilakukan secara manual, mulai dari pencatatan hingga penyusunan barang. Namun, kini, dengan B2B Marketplace, alur konvensional bisa menjadi lebih ringkas. Salah satunya berkat ketersediaan detail produk, Anda pun tinggal menyalin data tersebut.

5. Dokumentasi Transaksi

Semua transaksi seperti bukti pengiriman, pembayaran dan pemesanan akan direkam secara otomatis untuk diberikan pada pembeli. Bukti transaksi terkemas dalam bentuk digital, sehingga memudahkan Anda membukanya melalui berbagai gadget, bukan berupa fisik seperti kertas yang rawan hilang atau rusak.

Keuntungan Memasarkan Produk Melalui E-Procurement

Selain pembeli, vendor atau penjual juga mendapatkan banyak keuntungan dengan memasarkan produknya via fitur e-procurement di Mbizmarket (baca: B2B Marketplace Indonesia). Berikut ini beberapa kelebihannya:

1. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Memungkinkan jangkauan pasar yang lebih luas, tidak terbatas hanya pada lokasi tertentu saja. Sebelumnya, memasarkan produk adalah hal yang sulit, apalagi jika Anda berada pada wilayah yang pergerakan ekonominya didominasi oleh faktor eksternal. Produk dan kualitas yang belum dikenal juga menjadi hambatan.

B2B Marketplace yang menggunakan sistem dalam jaringan menjawab semua kesulitan tersebut. Pemasaran pun lebih luas dan terarah. Pelaku bisnis lainnya dapat dengan mudah menemukan barang yang Anda pasarkan dengan membuka situs Mbizmarket.co.id.

Dengan begitu, secara otomatis keuntungan yang didapat juga akan semakin besar.

2. Dilengkapi Berbagai Fitur yang Memudah­­kan

Dibanding sistem konvensional, B2B Marketplace jauh lebih mudah berkat berbagai fitur yang tersedia. Fitur yang ada saat ini akan semakin banyak seiring dengan pertumbuhan industri digital dan e-commerce yang kian pesat. Beberapa fitur yang dimaksud adalah sebagai berikut.

3. Halaman Katalog / Profil Penjual

B2B marketplace yang lengkap jika dia juga menyediakan halaman katalog berikut profil penjual. Melalui halaman ini para penjual lebih mudah membuat deskripsi profil perusahaan dan mengelompokkan produk yang dijual.

Hal ini memudahkan si pembeli untuk melihat kredibilitas si penjual dan termasuk pencarian produk yang dijual dalam satu halaman.

4. Negosiasi

Negosiasi adalah hal terpenting dalam bisnis B2B karena sistem pembayaran, jumlah pembelian selalu berbeda. B2B marketplace yang tepat adalah platform yang menyediakan sistem negosiasi agar antara pembeli dan penjual dapat bernegosiasi untuk mencapai kesepakatan.

5. TOP

Pembelian B2B berbeda dengan pembelian skala retail. Pembelian perusahaan biasanya membutuhkan volume yang besar dan juga jumlah pembayaran yang besar.

B2B Marketplace yang soultif jika juga menyediakan fitur yang memfasilitasi pihak pembeli untuk melakukan pembayaran berjangka atau TOP – Term of Payment untuk menjaga cash flow perusahaan.

6. Sistem Persetujuan Online

B2B marketplace yang menyediakan sistem e-procurement memberikan kemudahan perusahaan untuk tidak lagi banyak berkutat dengan dokumentasi yang rumit dan waktu yang panjang.

Adanya sistem e-procurement di marketplace memungkinkan penjual untuk melakukan proses persetujuan melalui online, dari mana dan kapan saja.

7. Proses Pengadaan Lebih Efektif

Dengan adanya B2B Marketplace, banyak perusahaan pengadaan barang dan jasa yang akan terbantu. Pekerjaan yang semula harus dilakukan oleh beberapa orang dan membutuhkan waktu yang lama bisa lebih ringkas karena sudah melalui online.

Mbizmarket.co.id sebagai salah satu marketplace pertama di Indonesia yang berfokus pada solusi total e-procurement untuk B2B akan membantu seluruh proses pengadaan dari awal sampai dengan akhir.

Dengan fungsi transaksional, procurement dan bisnis direktori, Mbizmarket adalah solusi lengkap termudah untuk perusahaan Anda.

Penulis

Tulis Komentar