Waktu Baca / 6 Menit

Perdagangan internasional adalah sebuah perdagangan yang dilakukan antar negara untuk menciptakan siklus dagang secara menyeluruh dan mendunia. Salah satu faktor yang mempengaruhi perdagangan adalah, faktor pendorong perdagangan internasional. Faktor pendorong perdagangan menjadi salah satu bentuk kerja sama ekonomi antar negara.

Apa Itu Perdagangan Internasional?

Perdagangan internasional yaitu perdagangan jasa atau barang yang dilakukan antar negara berdasarkan kesepakatan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada suatu negara. Transaksi yang dilakukan dalam perdagangan seperti ekspor dan impor. Namun, tentu saja transaksi yang dilakukan harus berdasarkan prosedur yang berlaku secara internasional.

Pelaku perdagangan internasional yaitu warga negara pemilik perusahaan, lembaga pemerintahan atau suatu organisasi dagang. Adanya perdagangan internasional ini juga akan memperlancar pemenuhan kebutuhan untuk warga di masing-masing negara yang melakukan perdagangan ini. 

Perdagangan internasional ini tentu saja akan menguntungkan kedua belah pihak. Jika salah satu  negara membutuhkan jasa atau barang maka akan terbantu pemenuhan kebutuhannya, sedangkan untuk negara yang menawarkan barang serta jasa juga akan mendapatkan keuntungan finansial dari negara lain.

Teori Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Ada dua teori yang mendasari perdagangan internasional. Pertama adalah teori keunggulan mutlak, dalam teori ini dijelaskan bahwa perdagangan secara internasional akan memberikan keuntungan pada suatu negara. Namun, syaratnya adalah negara yang melakukan produksi harus menetapkan harga yang lebih rendah dibandingkan dengan harga yang ditetapkan di negara lain.

Kedua adalah, teori keunggulan komparatif. Dalam teori ini dijelaskan bawah suatu negara tidak mempunyai keunggulan secara mutlak pada produksi barang sehingga negara bisa melakukan perdagangan secara internasional dengan memilih barang yang paling efektif dan efisien untuk proses produksi. 

Faktor Pendorong Perdagangan

Perdagangan internasional biasanya dilakukan oleh beberapa masyarakat antar negara. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perdagangan internasional, yaitu faktor pendorong perdagangan internasional dan faktor penghambat. Berikut ini ada beberapa faktor pendorong perdagangan.

  1. Keinginan untuk Memperoleh Keuntungan dan Meningkatkan Pendapatan Negara

Faktor ini sangat berpengaruh pada perdagangan internasional. Hal ini karena adanya perdagangan internasional, maka sebuah negara akan terus bertambah pendapatannya dan semakin kaya negara tersebut jika dilakukan secara berkala.

Jika suatu negara melakukan impor dan ekspor, maka negara tersebut akan menerima pendapatan berupa pajak barang. Tak hanya itu saja, negara juga dapat mengekspor barang hasil dari perusahaan BUMN. Hal ini yang menjadi faktor pendorong perdagangan internasional terjadi.

  1. Perluasan Target Pasar

Terkadang para produsen menjalankan produksi dengan tidak maksimal dikarenakan takut kelebihan jumlah produksi yang akan menyebabkan kerugian. Namun, ada juga produsen yang sengaja melakukan produksi secara besar-besaran agar barang tidak menambah keuntungan sehingga akan mendorong mereka untuk melakukan perdagangan internasional. 

  1. Perbedaan Sumber Alam

Letak geografis suatu negara pasti berbeda-beda, hal inilah yang mempengaruhi sumber daya alam sebuah negara dan membuat setiap negara akan berbeda dengan lainnya. Perlu diketahui bahwa sumber daya alam merupakan sumber utama sebuah negara, sehingga setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Memang tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Maka dari itu, negara harus mendapatkan sumber daya alam yang dibutuhkan dari negara lain.

Beberapa negara tidak memiliki teknologi yang memadai untuk mengolahnya sehingga harus menjual sumber daya alam ke negara lain. Ada juga beberapa yang memiliki kelebihan sumber daya alam dan menjual kelebihannya melalui perdagangan internasional.

  1. Perbedaan Teknologi

Teknologi yang semakin berkembang membuat negara-negara maju dapat menghasilkan berbagai produk modern yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat di berbagai negara yang tidak memiliki teknologi. Produk-produk yang dihasilkan oleh negara maju dapat dijual ke negara lain dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan memperluas pasar.

Sedangkan untuk negara-negara berkembang yang memiliki teknologi sedang atau rendah, akan melakukan perdagangan dengan negara maju. Hal ini bertujuan agar negara berkembang dapat menggunakan produknya dengan fasilitas mendapatkan transfer ilmu dan teknologi yang menyertainya.

  1. Kondisi Iklim yang Berbeda

Kondisi iklim suatu negara akan mempengaruhi sumber daya alam negara itu sendiri. Hal ini yang membuat sebuah negara tidak dapat memproduksi semua kebutuhan mereka sendiri dan mengharuskan untuk mempersiapkan laporan perubahan modal. Maka dari itu, impor barang adalah solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah keterbatasan kebutuhan.

  1. Hubungan Diplomatik Negara

Faktor pendorong perdagangan internasional yang lain adalah hubungan diplomatik. Adanya hubungan diplomatik antar negara yang baik akan membuka kerjasama dengan negara lain dan mendorong terjadinya perdagangan internasional. Tak hanya dalam perdagangan, kerja sama di bidang lain juga akan menimbulkan timbal balik secara ekonomi.

Maka dari itu, jika tidak ada hubungan diplomatik antar negara maka tidak akan ada perdagangan internasional. Apabila suatu negara sedang tidak baik, akan berimbas pada kegiatan perdagangan dan hubungan kerjasama pada negara tersebut. 

  1. Rasa Saling Membutuhkan

Manusia adalah makhluk sosial yang saling ketergantungan satu sama lain. Tentu saja, hal ini juga sama antara negara satu dengan lainnya dalam meningkatkan kualitas masyarakat, produk dan jasa dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Jadi, apabila sudah ada kesadaran saling membutuhkan antara satu negara dengan negara lainnya, maka tidak ada kesulitan yang bisa lebih mudah teratasi. Oleh karena itu, adanya rasa saling membutuhkan itulah yang menjadi salah satu faktor dalam perdagangan global.

  1. Selera

Kesukaan masyarakat atau selera masyarakat adalah salah satu alasan yang dapat mendorong terjadinya perdagangan internasional. Misalnya, masyarakat Indonesia yang mempunyai minat tinggi pada produk Amerika dan China. Maka dari itu, Indonesia impor buah-buahan tersebut. 

  1. Era Globalisasi

Jika suatu negara masuk ke dalam era globalisasi atau pasar global, maka akan membuat negara tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup sendiri sebab setiap produsen bisa dengan bebas mengeluarkan atau memasukan barang ke negara. 

Pasar global mengharuskan setiap negara harus ikut di dalamnya, sebab setiap negara pasti akan membutuhkan negara lain untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, beberapa tahap siklus akuntansi akan terlaksana. 

  1. Meningkatkan Kualitas Produk Lokal

Adanya perdagangan internasional akan menjadi langkah yang baik untuk meningkatkan produk lokal. Caranya adalah dengan membentuk persaingan pasar, mempersiapkan pengusaha UKM domestik untuk mengekspor dan selalu membiasakan diri dalam bersaing secara internasional.

Tak hanya itu, masuknya produk luar ke dalam negeri juga akan memberi persaingan bagi pada pengusaha dalam negeri untuk meningkatkan produk. Hal inilah yang menjadi pendorong perdagangan internasional bagi sebuah negara.

Faktor Penghambat Perdagangan 

Selain faktor pendorong, dalam perdagangan internasional juga ada faktor penghambat. Salah satu faktor penghambat perdagangan adalah beberapa negara membatasi perdagangan internasional untuk melindungi para produsen yang tidak sanggup bersaing dalam perdagangan global agar tidak bangkrut. Berikut beberapa faktor penghambat perdagangan.

  1. Perbedaan Mata Uang 

Setiap negara memiliki mata uang yang berbeda-beda, hal ini menjadi faktor penghambat perdagangan internasional. Jika suatu negara melakukan kegiatan ekspor, biasanya negara tersebut akan meminta kepada negara pengimpor untuk membayar dengan menggunakan mata uang negara pengekspor.

Hal ini akan berkaitan dengan nilai mata uang itu sendiri, apabila terjadi perubahan modal dan jumlah nilai mata uang negara pengekspor lebih tinggi daripada nilai mata uang pengimpor, maka hal tersebut akan menambah pengeluaran bagi negara pengimpor.

Maka dari itu, agar kedua negara mendapatkan keuntungan dan lebih mudah melakukan proses perdagangan, maka perlu adanya penetapan mata uang sebagai standar internasional. Adanya bisnis ekspor impor, maka usaha Anda akan lebih mudah untuk berkembang dan berkontribusi memajukan negara.

  1. Kebijakan Perdagangan Internasional

Setiap negara memiliki kebijakan ekonomi sendiri, namun pada kebijakan tersebut seringkali menjadi suatu faktor penghambat perdagangan. Hal ini karena kebijakan yang ada seperti pembatasan jumlah impor, biaya ekspor yang sangat besar, dan proses birokrasi memakan waktu yang sangat lama.

Adanya kebijakan ini dapat membuat para pelaku usaha berpikir panjang untuk melakukan perdagangan dengan negara lain. Hal ini karena kebijakan setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi jika kebijakan tersebut menjadi hambatan dalam perdagangan internasional bagi negara tersebut, maka investor akan mencari negara lain yang bersahabat.

  1. Sumber Daya Alam yang Berbeda

Setiap negara memiliki sumber daya alam yang berbeda-beda, jadi untuk memenuhi kebutuhan negara harus mengimpor dari negara lain. Oleh sebab itu, setiap negara memiliki peran besar dalam perdagangan internasional. 

Namun, apabila suatu negara memiliki sumber daya alam sedikit mereka tidak akan berperan besar dalam perdagangan internasional. Maka dari itu, sumber daya alam yang berbeda dari negara lain akan menjadi faktor penghambat perdagangan internasional dari suatu negara.

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri yang tidak dapat terpenuhi karena adanya beberapa keterbatasan tertentu. Nah, berikut ini beberapa manfaat perdagangan internasional yang dapat membantu meningkatkan perekonomian bangsa.

  1. Memperluas Pasar dan Meningkatkan Pendapatan

Manfaat yang pertama adalah menambah pasar bagi perusahaan. Perusahaan akan memproduksi sebuah produk secara optimal, tanpa khawatir kelebihan produksi dan harga jual yang turun.

Adanya perdagangan internasional membuat pengusaha bisa menjalankan mesin produksinya secara maksimal dan menjual kelebihan produk yang dihasilkan ke luar negeri. Jadi, tingginya produktivitas akan meningkat pendapatan dan tentu saja keuntungan yang lebih besar dari biasanya.

  1. Meningkatkan Kemakmuran Suatu Negara

Perdagangan internasional juga memiliki peranan untuk menaikan pendapatan dari masing-masing negara yang bersangkutan. Hal ini karena negara yang memiliki kelebihan dan kekurangan akan suatu barang dapat menjual dan memperoleh barang yang dibutuhkan. 

Adanya perdagangan internasional juga akan membuat kebutuhan terpenuhi dan membuat pendapatan negara menjadi meningkat. Peningkatan pendapatan negara ini akan membuat suatu negara menjadi lebih makmur.

  1. Membuat Hubungan Antar Negara Menjadi Baik

Adanya perdagangan internasional juga akan membuat hubungan antar negara terjalin dengan baik. Jika hubungan antara negara-negara yang berpartisipasi dalam perdagangan internasional baik, maka hal itu juga akan membuat kerjasama antar negara lebih mudah.

Itulah beberapa pembahasan tentang perdagangan, faktor pendorong perdagangan internasional,  dan penghambatnya. Perdagangan internasional menciptakan kesejahteraan serta keuntungan bagi banyak negara yang melakukannya. Selain itu, perdagangan internasional juga dapat menciptakan siklus ekonomi serta perluasan jaringan ke seluruh negara di dunia yang berkelanjutan untuk penyediaan lapangan pekerjaan dan juga mempererat kerjasama suatu negara.

Tulis Komentar