Kamu pasti tahu bahwa sepeda adalah kendaraan roda dua yang untuk mengendarainya, kamu perlu menggowes lebih dulu. Ternyata, dengan seringnya menggowes sepeda, kamu bisa mendapatkan sangat banyak manfaat. Kamu bisa gunakan sepeda lipat dari Element Bike atau sepeda merek lain untuk mendapatkan manfaat bersepeda. Nah, apa saja manfaatnya?

1. Mengendalikan Berat Badan

Salah satu manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan rajin bersepeda baik setiap pagi atau sore adalah berat badan lebih terkendali. Yup! Kamu bisa mengendalikan berat badan sebab bersepeda bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Ia juga bisa membantu membangun otot kamu dan membantu membakar lemak dalam tubuh.

Selain itu, bersepeda juga bisa membantu kamu memastikan bahwa pengeluaran energi di tubuh kamu lebih besar dari asupan energi yang masuk. Itu karena kamu membakar kalori yang cukup besar selama bersepeda. Jika kamu sedang menjalankan program diet, maka sangat dianjurkan untuk mengombinasikannya dengan aktivitas bersepeda, ya!

2. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah

Hal lain yang bisa kamu dapatkan dengan cara bersepeda adalah untuk mengurangi masalah penyakit jantung dan pembuluh darah. Bersepeda secara teratur mampu merangsang dan memperbaiki jantung kamu. Begitu juga dengan paru-paru, sirkulasi darah dan juga bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Tak hanya itu saja, bersepeda juga bisa memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini sudah terbukti, lo! Pada sebuah studi yang dilakukan di Denmark, menunjukkan bahwa mereka yang bersepeda secara rutin akan terpelihara jantungnya hingga usia mereka menua!

3. Mengurangi Risiko Kanker

Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda baik itu menggunakan Element Bike atau sepeda lain adalah bisa mengurangi risiko terserang kanker. Tentunya, untuk mendapatkan hal ini, kamu harus mengatur pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur juga.

Sebuah studi yang dilakukan di Amerika berhasil menerbitkan sebuah jurnal dengan nama Journal of American Medical Association, menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar bahkan yang sudah berusia lanjut, berisiko rendah terhadap penyakit paru dan kanker kolorektal. Selain itu, juga bisa mengurangi risiko kanker usus dan payudara juga.

4. Mengurangi Risiko Diabetes

Tak hanya itu saja, dengan bersepeda, kamu juga bisa terhindar dari risiko penyakit diabetes. Kurangnya aktivitas fisik merupakan salah satu penyebab penyakit diabetes. Oleh sebab itu, kamu harus coba melakukan lebih banyak aktivitas fisik salah satunya dengan cara bersepeda. 

Baca juga : Lovebird, Sumber Keuntungan dari Burung Hias Asal Eropa

Sebuah studi yang dilakukan di Finlandia menunjukkan bahwa mereka yang bersepeda secara rutin, paling tidak 30 menit dalam sehari bisa memiliki risiko lebih rendah terhadap penyakit diabetes dibanding yang tidak.

5. Meningkatkan Kekuatan, Keseimbangan dan Koordinasi Otot Tubuh

Ternyata, bersepeda secara teratur juga bisa membantu kamu mencegah patah tulang akibat terjatuh. Meskipun bersepeda tidak secara khusus mengurangi risiko terkena penyakit osteoporosis, namun dengan bersepeda setidaknya kamu melakukan latihan yang ideal untuk menghindari penyakit tersebut.

Bagi mereka yang sudah mengidap osteoporosis, bersepeda juga bisa dijadikan latihan untuk bisa sembuh. Sebab, bersepeda merupakan latihan ringan yang hanya akan memberikan tekanan sedikit pada sendi. Sebuah studi menunjukkan bahwa mereka yang mengalami nyeri lutut dan osteoarthritis akan semakin baik dengan bersepeda meskipun sudah lansia.

6. Mengurangi Stres

Masih ada lagi manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan bersepeda. Dengan melakukan aktivitas fisik ini, tubuh kamu akan memproduksi hormon dopamin. Hormon ini berfungsi untuk meningkatkan rasa bahagia dan dapat pula mengurangi rasa stres bahkan gejala depresi yang dialami.

Selain itu, tubuh juga akan memproduksi hormon endorfin dalam tubuh sehingga mampu mengurangi rasa sakit. Timbulnya rasa nyaman dalam tubuh ini secara otomatis bisa membuat pikiranmu lebih tenang. Dengan ketenangan yang didapat terlebih melihat pemandangan yang indah, kondisi stres dan depresi jelas akan lebih membaik.

Itulah berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan bila sering bersepeda. Kamu bisa memilih berbagai jenis sepeda termasuk jenis sepeda lipat dari Element Bike. Temukan produk-produk Element bike di Mbizmarket!

Penulis

Tulis Komentar