Waktu Baca / 2 Menit

Semakin berkembangnya zaman, makin banyak perusahaan yang berfokus untuk mendapatkan keuntungan atau profit oriented. Walau begitu, dalam praktiknya, tidak semua perusahaan dapat menjalankan hal tersebut. Oleh karena itu peran cost control management sangat dibutuhkan.

Dalam suatu perusahaan,  memiliki peran penting untuk menyelesaikan masalah finansial perusahaan. Pengontrol biaya juga dapat membantu meningkatkan keuntungan perusahaan dengan finansial yang baik. Walaupun begitu, peran pengontrol biaya mungkin tidak efektif jika keputusan manajemen tidak berjalan dengan lancar. 

Perbedaan Cost Control dan Control Management

Pengontrol biaya dan control management masih sering dicampur-adukkan. Padahal secara umum, dua pengertian ini memiliki makna yang berbeda. Walaupun begitu keduanya sangat penting untuk diterapkan. Management control lebih terpusat pada proses manajemen pengelolaan. Sedangkan pengontrol biaya berperan aktif mengontrol langsung biaya perusahaan.

Apa Saja Tugas Cost Control Management?

Peran pengontrol biaya dalam suatu perusahaan sangat penting terutama untuk perencanaan, pengawasan, dan juga koordinasi yang berhubungan dengan perusahaan. Selain itu pengontrol biaya juga dapat berperan  mengamankan kas dimana aktivitas financing bersifat consumable yang dimonitor. Pengontrol biaya management bertugas untuk 

  1. Menerapkan kebijakan pengontrol biaya pada setiap departemen dan memastikan semua bukti perhitungan inventory dan bukti dokumen pendukung lainnya
  2. Mengatur proses inventory setiap bulannya
  3. Memastikan kebenaran transaksi
  4. Melakukan kontrol dan pengendalian harga terhadap harga beli dari material
  5. Melakukan perencanaan biaya dan usaha cost reduction
  6. Comparing Data
  7. Mengawasi proses keluar masuk barang
  8. Mengecek proses order pembelian
  9. Membuat laporan harian keuangan
  10. Bekerja sama dengan bagian purchasing untuk menentukan pembelian harga serta penerimaan barang
  11. Membuat perhitungan barang setiap bulan serta membuat laporan keuangan bulanan

Pembentukan staff pengontrol biaya tentu dapat membantu pengendalian biaya material yang dikeluarkan oleh perusahaan. Hal ini tentu membuat kontrol keuangan perusahaan dapat berjalan dengan efektif sehingga target keuntungan yang diinginkan oleh perusahaan dapat tercapai.

Apa Tanggung Jawab Cost Control Management?

Secara umum, seorang pengontrol biaya bertanggungjawab untuk mengendalikan biaya proyek perusahaan. Pengendalian biaya ini termasuk ke dalam pengendalian, perkiraan, pengembangan, dan perencanaan anggaran biaya perusahaan. Namun untuk tanggung jawab yang lebih jelas tentu bergantung pada masing-masing perusahaan.

Pada kegiatan sehari-hari, Anda harus menemukan perkiraan pengeluaran, anggaran perencanaan, dan mengklasifikasikan biaya berdasarkan jenisnya. Selain itu Anda juga bisa melacak jam kerja yang dialokasikan untuk sebuah proyek, melakukan verifikasi faktur pemasok serta mengelola ragam peristiwa yang dapat berdampak terhadap anggaran biaya yang sudah ditetapkan. 

Setiap transaksi bisnis yang membutuhkan biaya akan dikendalikan dalam alur kerja yang dibuat oleh masing-masing kepala departemen sehingga penggunaan biaya yang efektif dapat terus dipantau. Setiap transaksi dengan biaya akan secara otomatis dicatat sebagai biaya per pusat. Pengecekan dan pencatatan transaksi tentu memberikan data keuangan yang valid.

Tujuan dari seorang pengontrol biaya adalah untuk meminimalisir terjadinya penyimpangan penggunaan biaya atau anggaran. Selain itu pengontrol biaya juga dapat memastikan bahwa proyek yang dijalankan oleh perusahaan sesuai dengan anggaran yang telah disetujui. Pengontrol biaya Management dapat dilakukan secara pribadi ataupun secara tim. 

Baca juga : Penawaran adalah Ketersediaan Produk di Pasaran, Benarkah Demikian?

Seorang cost control memiliki peran untuk mengatur biaya perusahaan agar dapat berjalan dengan efektif. Oleh karena itu memahami peran dan tanggung jawab pengontrol biaya secara utuh tentu dapat memberikan gambaran yang jelas terkait cost control management. Semoga informasi ini dapat menghadirkan informasi bermanfaat untuk Anda. 

Tulis Komentar