Waktu Baca / 3 Menit

Pada saat keluar rumah, ada beberapa protokol kesehatan yang harus Anda patuhi. Selain memakai masker Anda juga bisa menggunakan face shield sebagai tambahan perlindungan.

Namun, jangan lupa membersihkannya setelah menggunakan. Berikut ini ada beberapa informasi tentang cara membersihkan face shield kacamata agar kemudian hari Anda bisa menggunakannya lagi.

1. Bersihkan dengan Air Sabun

Pada umumnya penggunaan face shield lebih dikhususkan untuk tenaga medis yang berpeluang kontak langsung dengan pasien. Hal ini ditujukan untuk mencegah terjadinya penularan dari pasien kepada tenaga medis. Terutama pasien yang memiliki penyakit yang penularannya termasuk masif.

Penggunaan face shield ini sendiri digunakan sebagai pelindung diri ekstra setelah tenaga medis menggunakan alat perlindungan diri lainnya. 

Face shield kini sendiri sudah banyak ditemukan sehingga masyarakat umum juga bisa menggunakannya. Namun penggunaannya hanyalah sebagai alat perlindungan diri ekstra lainnya. Jadi tidak menggantikan masker sepenuhnya. Anda harus tetap menggunakan masker dan face shield secara bersamaan.

Jangan pernah menggunakan face shield saja, karena face shield tidak melindungi bagian dagu dan samping. 

Apabila Anda sering menggunakan face shield setelah keluar rumah, jangan lupa untuk membersihkannya. Cara paling umum atau paling mudah adalah dengan melepas antara kacamata dan plastik face shield.

Setelah itu rendam lapisan plastik face shield terlebih dahulu ke dalam air hangat kurang lebih 3 menit. Hal ini ditujukan untuk menghindari goresan pada lapisan plastik. Setelah itu campur air dengan sabun cair. 

Usahakan semua bagian plastik terendam dengan air sabun. Hal ini berfungsi untuk membunuh bakteri ataupun virus-virus dari cipratan droplet yang ada pada plastik face shield. Setelah itu, Anda bisa membasuhnya dan membersihkan plastik face shield menggunakan kain lembut (microfiber) atau spons. 

Kemudian bilas secara merata dengan air jernih dan cepat keringkan dengan handuk atau kain katun yang lembut (microfiber) yang baru. Sedangkan untuk membersihkan kacamatanya, Anda juga bisa menggunakan cara serupa seperti yang Anda lakukan pada plastik face shield. 

2. Pembersihan dengan Desinfektan

Cara lain untuk membersihkan face shield kacamata adalah menggunakan cairan desinfektan. Cara ini terbilang cukup cepat daripada cara sebelumnya yang harus menunggu plastik direndam terlebih dahulu agar menghindari goresan saat direndam dengan air sabun.

Caranya yaitu semprotkan atau basahi kain lembut atau microfiber pada lapisan plastik face shield dan tunggu kurang lebih 2 menit. Apabila Anda menghendaki menunggu lebih dari 2 menit juga bisa. 

Cairan desinfektan ini bisa diperoleh pada minimarket terdekat atau Anda juga bisa membuatnya sendiri. Apabila Anda membuat sendiri, pastikan terdapat komposisi berupa alkohol sebesar 70%. Hal ini agar bakteri ataupun virus-virus yang menempel pada cairan droplet bisa hilang dengan baik.

Apabila Anda ingin membersihkan kacamata face shield, Anda juga bisa membersihkan dengan cara yang sama yang Anda lakukan pada plastik face shield.  

3. Hindari Pembersih Amonia

Hal yang perlu Anda waspadai adalah penggunaan pembersih yang mengandung amonia. Apapun itu jenis pembersihnya, pastikan dalam komposisi pembersih tersebut tidak mengandung amonia.

Hal ini ditujukan agar plastik face shield dapat terhindar dari kerusakan. Selain itu juga dapat menghindarkan plastik face shield dari keruh atau tidak jernih saat Anda menggunakannya nanti.

4. Hindari Handuk Kertas

Pada saat Anda hendak membersihkan face shield usahakan juga untuk tidak membersihkan dengan handuk kertas yang biasa digunakan pada restoran atau tempat makan lainnya.

Lebih baik menggunakan handuk atau kain lembut seperti kain microfiber yang biasa dipakai untuk membersihkan kacamata. Hal ini lebih jauh aman agar plastik face shield terhindar dari kerusakan dan goresan-goresan akibat serat yang kasar.

5. Hindari Pasta Gigi dan Pembersih Kaca

Jangan sekali-kali menggunakan pasta gigi ataupun pembersih kaca yang mudah diperoleh di mana saja. Hal ini juga bisa merusakan permukaan plastik face shield. Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan pembersih apapun, Anda bisa melakukan tes di bagian kecil atau bagian pinggiran terlebih dahulu untuk melihat efek yang ditimbulkannya.

Nah itulah beberapa informasi mengenai cara membersihkan face shield kacamata dengan benar. Jadi, usahakan Anda teliti sebelum membersihkan terutama pada bagian plastik face shield agar tidak mudah rusak.

Tulis Komentar