Reading Time: 2 minutes

Modern ini, kedai kopi sudah menjamur di mana-mana dan bersaing menghadirkan cita rasa kopi terbaiknya. Apakah Anda berniat untuk membuka bisnis coffee shop juga? Sebelum memulai, diperlukan memeriksa kesiapan peralatannya. Daftar peralatan di bawah ini akan membantu Anda dalam memeriksa kesiapan dalam membuka coffee shop terpercaya.

  1. Mesin Pengolah Kopi

Coffee grinder atau mesin pengolah kopi ini merupakan peralatan yang paling pokok dan penting dalam membuat kopi. Mesin ini harus ada dan terpercaya kualitasnya untuk menjamin kesempurnaan cita rasa kopi yang dihasilkan. Mesin penggiling biji kopi ini menentukan kualitas bubuk kopi agar mempunyai tekstur sempurna, rasa yang tepat, dan aroma yang harum.

  1. Drip Coffee Maker

Coffee shop harus mempunyai semua peralatan penting yang tentu saja diperlukan untuk membuat kopi. Drip coffee maker harus dimiliki karena berfungsi membuat sajian kopi berkualitas dan pastinya lebih nikmat. Harga alat ini lebih terjangkau dan lebih mudah dalam perawatannya. Jadi, mesinnya cenderung otomatis. Kapasitas mesin ini adalah 12 cangkir kopi, sehingga sangat efektif.

  1. Mesin Espresso

Sensasi kopi espresso sebagai olahan kopi hitam terbaik, tentu sangat disukai para pecinta kopi. Untuk membuka coffee shop yang terpercaya, sajian kopinya harus lengkap dan enak. Jadi, siapkan pula mesin espresso untuk mengolah kopi espresso dan aneka kreasi lainnya berbasis espresso. Pilihlah mesin espresso yang sesuai dengan dana yang Anda miliki.

  1. Moka Pot

Moka pot merupakan alat yang dapat digunakan untuk membantu menyeduh kopi. Umumnya, hasil seduhan kopi yang diperoleh dari Moka Pot mempunyai cita rasa lezat dan unik. Karakternya juga lebih kental. Moka Pot ini terdiri dari 3 bagian (dasar, tengah, atas).

Baca juga : 5 Langkah Tepat untuk Menjadi Distributor Sembako yang Terpercaya

Bagian dasar berfungsi untuk wadah penyimpanan air, bagian tengahnya untuk filter atau penyaringan, dan bagian atasnya berguna untuk menampung kopi yang sudah jadi. Baik bisnis coffee shop yang besar, kecil, maupun menengah, harus mempunyai alat yang satu ini.

  1. Peralatan Menyimpan Bahan

Setiap bahan yang diperlukan untuk membuat makanan penyerta di coffee shop atau minuman lainnya, haruslah dalam keadaan baik dan segar. Oleh karena itu, Anda harus mempunyai peralatan untuk menyimpan semua bahan tersebut agar tetap berkualitas dan lebih tahan lama. Peralatan penyimpanan ini termasuk kulkas, freezer, showcase cooler, dan rak bahan masakan.

  1. Peralatan Menyimpan Air Minum

Anda juga memerlukan peralatan untuk menyimpan air minum. Peralatan yang dibutuhkan berupa teko, galon, dispenser, dan termos. Untuk memilih dispenser, sebaiknya memilih produk dengan letak galon di bawah dan mempunyai tiga tombol pengaturan untuk air panas, air bersuhu normal, dan air dingin.

  1. Glassware

Glassware yang merupakan tempat berbahan kaca bening ini umumnya terdiri dari gelas bertangkai, gelas tidak bertangkai, dan cangkir. Semua itu sangat dibutuhkan untuk melayani pembeli agar tempat minumnya sesuai dengan porsi menu minumannya.

  1. Silverware

Silverware merupakan peralatan makan dari stainless steel, logam, ataupun gold. Peralatan ini juga wajib dimiliki untuk operasional pembuatan menu dan penyajiannya pula. Silverware terdiri atas piring, mangkuk, sendok makan, sendok kopi, sendok gula, sendok es, sendok besar, garpu, pisau, nampan, dan keranjang.Semua peralatan di atas sangat diperlukan untuk operasional coffee shop. Anda harus menyediakan semuanya demi kelancaran dan kualitas hidangan. Jadi, jangan lupa mengontrol setiap peralatan di atas ketika persiapan membuka bisnis coffee shop.

Penulis

Tulis Komentar