Waktu Baca / 2 Menit

Pajak menjadi kewajiban bagi kita bersama sebagai warga negara. Dalam dunia perpajakan, ada yang disebut sebagai tax amnesty. Lalu apa itu tax amnesty dan apa saja manfaat yang diberikan dari program ini. Aturan ini memang masih tergolong baru di Indonesia. Sebagai wajib pajak, tentu penting sekali untuk memahami program tax amnesty ini.

Pengertian apa itu Tax Amnesty

Mari mulai dengan pemahaman mengenai tax amnesty. Amnesty itu sendiri berarti amnestia berasal dari bahasa Yunani yang artinya lupa. Tax amnesty bisa dipahami sebagai sebuah tindakan penghapusan pajak. Program ini akan memberlakukan penghapusan sanksi administrasi perpajakan serta sanksi pidana yang berhubungan dengan aturan pajak.

Tax amnesty juga bisa dipahami sebagai usaha otoritas pajak di sebuah negara yang akan memberi kesempatan para wajib pajak untuk membuat laporan penghasilan. Nantinya wajib pajak bisa membayar beban pajak secara sukarela lewat pemberian insentif. Program ini masih terhitung baru di Indonesia dan telah banyak disosialisasikan untuk para wajib pajak.

Manfaat Tax Amnesty

Setelah memahami apa itu tax amnesty, mungkin Anda akan bertanya-tanya apa sebenarnya manfaat dari aturan ini. Tax amnesty itu sendiri merupakan salah satu program perpajakan dari pemerintah yang memiliki begitu banyak manfaat. Berikut adalah manfaat dari program amnesti pajak ini.

1. Penghapusan Beban Pajak

Program ini bermanfaat untuk menghapuskan beban pajak terutang. Artinya, beban pajak terutang yang belum diterbitkan akan dihapuskan. Tentunya program penghapusan ini akan sangat meringankan beban wajib pajak. Singkatnya, beban utang pajak milik seseorang telah dihilangkan atau dihapuskan oleh pihak pemerintah secara resmi.

2. Bebas Pajak Penghasilan

Manfaat lain dari program amnesti pajak ini adalah pembebasan dari pajak penghasilan atau PPh. Namun untuk mendapatkan manfaat ini maka wajib pajak harus melakukan pembalikan nama terhadap harta tambahan yang dimiliki. Jika berhasil mendapatkan pembebasan PPh ini maka beban pajak juga akan bertambah ringan.

3. Punya Kebebasan Pemeriksaan

Dalam program amnesti pajak ini, wajib pajak harus membuat laporan. Pelaporan pajak ini nantinya akan bersifat bebas dari pemeriksaan. Tidak ada pemeriksaan pajak maupun bukti. Hal ini akan membuat wajib pajak yang menjalani proses pelaporan merasa lebih aman dan tidak cemas.

4. Penghapusan Sanksi Administrasi

Wajib pajak yang mengalami keterlambatan membayar pajak akan menerima sanksi. Sanksi ini diberikan dalam bentuk denda yang hukumnya wajib dibayar. Namun, dengan adanya program amnesti pajak ini maka sanksi administrasi berupa denda tersebut bisa dihapuskan.

5. Laporan Pajak Jadi Lengkap

Program amnesti pajak ini mengharuskan masyarakat untuk melaporkan harta dan penghasilan secara lengkap. Hal ini tentu akan mendorong proses pelengkapan laporan pajak. Tak hanya menguntungkan negara, proses pelaporan pajak yang lengkap juga akan menguntungkan wajib pajak. Biasanya wajib pajak yang melapor lengkap akan mendapat kemudahan dalam pengajuan pinjaman atau kartu kredit.

Amnesti pajak ini sebenarnya menjadi penyelamat bagi banyak orang. Sayang sekali masih banyak yang belum paham mengenai pentingnya melaporkan pajak dan mengikuti aturan amnesti ini. Sebaiknya manfaatkan kesempatan sebaik mungkin untuk mendapat keringanan. Jika ada program amnesti pajak ini maka tak ada salahnya untuk segera bergabung. Itulah pembahasan singkat mengenai apa itu tax amnesty dan apa saja manfaatnya. Kebebasan pajak ini sebaiknya menjadi motivasi agar semua lapisan masyarakat tetap menyadari betapa pentingnya program amnesti. Jika sudah tiba waktunya periode amnesti pajak maka segera buat laporan dan selesaikan urusan administrasi yang dibutuhkan.

Tulis Komentar