Waktu Baca / 2 Menit

Mencatat, menulis dan merekap data-data administrasi tentunya membutuhkan alat tulis yang khusus untuk aktivitas tersebut. Benda-benda administrasi ini termasuk dalam kategori peralatan habis pakai karena tidak bertahan lama dan cepat habis. Berikut ini beberapa alat tulis yang dibutuhkan untuk administrasi beserta fungsinya.

1. Buku Tulis dan Kertas

Kertas dan buku tulis merupakan dua hal penting yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi terlebih untuk mencatat, menggambar, hingga menulis sesuatu yang sekiranya penting.

Kertas dan buku tulis memiliki banyak ukuran mulai dari yang sedang yakni A4 ukuran 21 cm x 29,7; lalu F4 atau seukuran kertas folio yang biasa ditemui di fotocopy atau skripsi dengan ukuran 21.6 cm x 33 cm.

Ada juga ukuran A5 yakni setengah dari ukuran A4 yakni 11 cm x 14,7 cm. Selain ukuran, berat kertas juga beragam yakni 70-100 gram tergantung ketebalan yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki cukup kertas dan buku tulis untuk keperluan administrasi Anda.

2. Pensil dan Penghapus

Ibarat sejoli, dua peralatan administrasi ini tak bisa dipisahkan. Jika buku dan kertas adalah wadah untuk menuangkan inspirasi dan hal-hal penting lainnya, maka pensil ada media atau alat yang digunakan saat menulis dan mencatat sesuatu. Pensil biasanya terbuat dari kayu dengan berbagai standar  ukuran dan jenis.

Pensil terdiri dari 2 jenis, jika Anda menginginkan pensil yang mudah dihapus dan tidak meninggalkan bekas hitam di kertas, disarankan untuk menggunakan pensil HB karena warna pensilnya tidak terlalu gelap sehingga mudah untuk dihapus dengan penghapus.

Sedangkan jika Anda menginginkan pensil dengan warna gelap terlihat hanya dengan sekali goresan, maka pilihlah pensil 2B. Jangan khawatir, pensil 2B juga mudah dihapus, namun tentunya akan meninggalkan sedikit warna hitam bekas penghapus di kertasnya.

Sementara itu, untuk kebutuhan-kebutuhan lain yang berhubungan dengan desain grafis atau arsitektur bisa menggunakan pensil yang disesuaikan dengan kebutuhan. Sedikitnya ada 20 tingkatan ketebalan dan jenis pensil yang bisa Anda gunakan sesuai keinginan dan aktivitas.

3. Pulpen dan Tipe-X

Perlengkapan tulis lainnya yang tak boleh dilewatkan ialah pulpen. Pulpen berasal dari bahasa Belanda yakni pulpen. Jika pensil mudah dihapus maka peralatan yang satu ini hanya bisa dihapus menggunakan tipe-x.

Pulpen biasa digunakan untuk pekerja kantoran yang memang menginginkan data yang valid untuk dicatat sehingga bekasnya susah dihilangkan. Karenanya, banyak orang menandatangani dokumen-dokumen penting menggunakan pulpen karena sifatnya yang tahan lama dan tak mudah dihilangkan.

Terlebih, jika terjadi kesalahan saat menulis menggunakan pulpen kemudian di tipe-x akan meninggalkan bekas yang terlihat dengan mata sehingga orang lain bisa tahu data apa yang diganti dan data mana yang terjadi kesalahan saat penulisan.

4. Paper Clip atau Penjepit Kertas

Perlengkapan kantor yang satu ini berukuran kecil namun sangat serba guna. Penjepit kertas atau paper clip ini biasa digunakan untuk menyatukan sejumlah dokumen kertas agar tidak tercecer dan tertata rapi.

Baca juga : Tips Mencari Tempat Sewa Komputer untuk Acara Seminar 

Warnanya pun beragam sehingga memudahkan Anda untuk mengkategorikan dokumen-dokumen sesuai dengan warna paper clip yang Anda miliki. Paper clip ini terbuat dari kawat dan plastik sehingga awet dan tidak mudah rusak. Selain itu, paper clip juga tersedia dengan berbagai ukuran dan bentuk tergantung dengan kebutuhan Anda.

5. Amplop

Dalam hal administrasi, tentu Anda membutuhkan amplop untuk mengirimkan dokumen atau menyimpan data-data penting lainnya. Amplop juga bisa digunakan sebagai branding kantor atau tempat usaha Anda dengan cara mencetak logo di depan amplop beserta alamat, nomor yang bisa dihubungi hingga sosial media. Alat tulis yang satu ini juga bisa didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Tulis Komentar