Waktu Baca / 2 Menit

Pada perkembangannya, alat komunikasi kian berubah mengikuti perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Jika dulu Anda mengenal surat menyurat dan kentongan sebagai alat komunikasi tradisional. Kini, di era yang serba canggih, media komunikasi sudah berevolusi menjadi alat komunikasi elektronik. Berikut ini jenis dan kegunaannya.

1. Sosial Media

Jika beberapa tahun yang lalu, sosial media hanya digunakan sebagai ajang eksistensi anak-anak muda untuk membagikan foto dan momen spesialnya, kini sosial media sudah berubah fungsi sebagai alat komunikasi modern yang canggih dan mudah digunakan.

Tak hanya menjangkau komunikasi dengan seseorang dari jarak jauh, sosial media juga berfungsi sebagai ajang silaturahmi teman-teman yang dulu sempat hilang kontak. Bahkan kini keberadaannya juga digunakan sebagai bisnis hingga memberikan informasi-informasi penting.

Selain sebagai alat komunikasi, sosial media juga digunakan untuk bersosialisasi antar individu maupun kelompok yang dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja tanpa keterbatasan waktu selama masih memiliki koneksi internet.

Sosial media kini juga digunakan sebagai hiburan di kala senggang karena tak lagi hanya menyajikan teks namun juga video, foto dan visual yang menarik. Beberapa media sosial yang populer digunakan banyak orang ialah Instagram, Facebook, Youtube, dan Facebook.

2. Ponsel atau Telepon Genggam

Alat komunikasi modern lainnya ialah ponsel atau telepon genggam. Tak seperti alat komunikasi zaman dulu yah hanya diletakan dalam satu tempat seperti wartel dan telepon umum, ponsel memudahkan dan memungkinkan Anda untuk berkomunikasi dengan siapa saja, kapan saja, dan di mana saja Anda berada.

Selain itu, ponsel juga memungkinkan Anda untuk menelepon seseorang dari jarak jauh baik itu di beda kota, provinsi, bahkan beda negara dan benua. Sehingga menjadi alat komunikasi yang efektif berkomunikasi dengan keluarga jarak jauh.

Kini ponsel tak hanya sebagai media komunikasi namun sudah berevolusi menjadi lebih canggih sehingga bisa digunakan untuk mendengarkan musik, merekam gambar, memotret momen-momen berharga hingga menjelajahi internet bahkan nonton acara televisi juga bisa digunakan melalui ponsel.

3. Koran Online

Jika dulu ketika Anda ingin mengetahui berita terbaru harus dengan membaca koran atau majalah. Namun semenjak kehadiran internet dan ponsel pintar, Anda tak perlu lagi menghabiskan banyak uang untuk membeli koran. Karena kini sudah banyak portal-portal berita yang menyajikan kabar berita nasional maupun internasional dengan tepat, cepat dan terpercaya.

Selain itu, kampanye global warming untuk menghemat kertas menjadi salah satu alasan keberadaan koran kian terpinggirkan. Membaca koran melalui ponsel juga dirasa lebih praktis, cepat dan tidak membuang banyak uang.

4. Televisi

Meski tak lagi sepopuler dulu ketika belum ada internet dan ponsel, namun kehadiran televisi masih digandrungi banyak orang sebagai media komunikasi modern yang terpercaya. Dalam satu rumah biasanya memiliki lebih dari satu televisi yang digunakan untuk melihat berbagai hiburan dan kabar berita.

Acara-acara televisi yang masih belum bisa ditonton dengan alat komunikasi lainnya seperti sinetron hingga FTV menjadikan televisi masih memiliki banyak peminat. Selain itu, bagi para orang tua lanjut usia, keberadaan televisi menjadi hal wajib yang harus dimiliki karena mereka terbiasa menggunakan televisi sebagai jaringan komunikasi ketimbang ponsel maupun sosial media lainnya.

5. Radio

Siapa yang tak senang mendengarkan radio di dalam mobil atau rumah saat waktu senggang? Meski tanpa gambar, mendengarkan radio terasa menyenangkan terlebih jika diputar lagu-lagu kesenangan. Radio merupakan alat komunikasi untuk berkirim salam kepada sahabat dan keluarga. Hingga kini, radio masih menjadi alat komunikasi elektronik favorit banyak orang dari segala usia dan kalangan.

Tulis Komentar