Waktu Baca / 2 Menit

Secara umum para pelaku usaha yang hendak ataupun sudah menjalankan sebuah usaha harus memiliki akta sebagai bentuk legalitas dalam mendirikan perusahaan.

Akta perusahaan yang telah terbukti disahkan menjadi sebuah syarat dasar dalam langkah awal mendirikan usaha sebelum menurus pengerjaan dokumen terkait izin usaha lainnya. Ada pula akta perubahan terakhir, berikut ini penjelasannya.

Apa Itu Akta Perubahan?

Akta perusahaan merupakan bukti fisik sebagai bentuk legalitas usaha yang wajib dimiliki oleh para pelaku usaha. Secara umum akta berisi segala macam informasi terkait dengan berdirinya sebuah perusahaan. 

Pada dasarnya segala aspek dalam aktivitas usaha akan berubah baik dalam bentuk perkembangan ataupun bentuk lainnya seiring berjalannya waktu.

Terkait dengan perkembangan atau perubahan yang terjadi sehingga para pelaku usaha diharuskan melakukan perubahan akta perusahaan yang kemudian dikenal dengan sebutan akta perubahan.

Akta perubahan terakhir berarti akta lama yang diubah informasinya terkait beberapa aspek usaha yang telah mengalami perubahan.

Bentuk-Bentuk Akta Perubahan

Secara umum terdapat beberapa faktor terciptanya akta perubahan terkait pendirian usaha. Biasanya perubahan atau perombakan akta ini dilakukan terkait dengan bidang usaha, anggaran dasar dan data lainnya tertera pada akta perusahaan  yang  mengalami perubahan. Seluruh proses perubahan data ini umumnya dilakukan oleh notaris.

Adapun bentuk bentuk akta perubahan terkait dengan akta pendirian usaha yakni perubahan ADART. Perubahan ini dirumuskan dalam rapat umum para pemegang saham perusahaan. 

Secara umum ADART memuat tentang nama dan tempat usaha, jangka waktu berdirinya usaha, jumlah saham serta klasifikasinya, hingga maksud dan tujuan kegiatan usaha. Terdapat  beberapa informasi tertentu yang memerlukan persetujuan menteri hukum dan HAM terlebih dahulu sebelum dilakukan perubahan.

Informasi yang termasuk didalamnya yakni terkait dengan perubahan nama atau kedudukan perusahaan, status perusahaan, jangka waktu berdirinya perusahaan jumlah modal dasar usaha, hingga pengurangan modal.

Perubahan akta perusahaan lainnya biasanya berkutat pada perubahan data atau informasi umum yang terkait jalannya aktivitas perusahaan.

Adapun beberapa aspek yang termasuk didalamnya diantaranya adalah perubahan nama pemegang saham dan susunannya, perubahan alamat  perusahaan secara lengkap, dan beberapa data umum ataupun jamak terkait perusahaan lainnya.

Apa Saja Faktor Pemicu Perubahan Akta?

Perubahan Bidang Usaha

Seiring berjalannya waktu tak jarang perjalanan bisnis akan mengalami perubahan, baik dalam bentuk perkembangan maupun bentuk perubahan lainnya. Terkait dengan perubahan tersebut Anda kemudian harus melakukan perubahan akta perusahaan. 

Perubahan Modal

Bisnis yang mengalami perkembangan tidak menutup kemungkinan membutuhkan tambahan modal sebagai pendukungnya.

Sebagai contoh apabila Anda hendak menambahkan modal usaha atau terdapat penanam modal baru pada perusahaan Anda yang kemudian menginginkan namanya ikut dicantumkan dalam akta perusahaan maka terciptalah akta perubahan.

Perubahan Domisili 

Perubahan domisili perusahaan umumnya terkait dengan alamat lokasi perusahaan yang berubah dari daerah satu ke daerah lainnya.

Akta pendirian perusahaan akan memuat informasi secara rinci mengenai domisili usaha seperti jalan, kecamatan, dan kelurahan. Perubahan informasi tersebut mewajibkan Anda untuk membuat akta perubahan.

Perubahan Direksi dan Komisaris 

Akta perubahan terkait informasi ini biasanya dibuat apabila pemegang saham ingin mengganti direktur atau direktur utama atau komisaris terkait.

Hal lain yang mengakibatkan perubahan direksi, biasanya karena pemegang saham tidak puas dengan hasil kerja dari direktur atau direktur utama atau karena pengunduran diri dari direktur yang menjabat sebelumnya.

Baca juga: Surat Izin Tempat Usaha: Pengertian dan Cara Mendapatkannya

Itulah informasi-informasi mengenai akta perubahan terakhir. Secara umum prosedur perubahan akta berbeda-beda pada setiap kasusnya. Para pelaku usaha perlu memastikan legalitas atas akta usaha yang dimilikinya.

Selain itu pengadaan terkait aktivitas usaha juga perlu dipastikan telah dikelola dengan baik. Pilih Mbizmarket.co.id sebagai solusi total pengadaan secara online. 

Penulis

Tulis Komentar