Waktu Baca / 2 Menit

Apabila Anda ingin mendirikan suatu badan perusahaan yang besar, maju dan berkembang pesat, Anda membutuhkan persyaratan administrasi termasuk surat pendirian perusahaan atau badan usaha.

Hal ini biasa disebut sebagai akta pendirian perusahaan. Oleh karena itu simak terus informasi berikut ini mengenai hal tersebut.

Pengertian Akta Pendirian

Akta Pendirian merupakan salah satu dokumen administrasi yang disahkan oleh notaris terkait dengan usaha untuk mendirikan sebuah perusahaan atau badan usaha.

Selain perusahaan-perusahaan besar seperti Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer atau Commanditaire Vennootschap (CV), akta pendirian juga dapat dipakai untuk membuat atau mendirikan yayasan atau lembaga-lembaga komersial lainnya.

Pada umumnya dokumen tersebut berisi mengenai identitas para pendirinya dengan disertai foto, alamat.

Pada umumnya dokumen tersebut berisi mengenai identitas para pendirinya dengan disertai foto, alamat. Selain itu tidak ketinggalan juga dokumen mengenai kesepakatan yang telah terjadi dan disepakati saat mendirikan perusahaan, serta anggaran dasar yang dipakai sebagai modal awal. Serta dokumen yang menerangkan tentang tujuan ke depan perusahaan yang harus dicapai.

Adapun tujuan semua berkas ini untuk dijadikan acuan kembali apabila ditengah perjalanan pengoperasian terdapat kendala ataupun masalah.

Dengan begitu para pendiri bisa melihat kembali akta tersebut untuk bisa fokus kembali pada tujuan awal.

Oleh karena itu semua hal yang tercatat dalam akta, harus disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM agar memperoleh status badan hukum.

Fungsi Akta Pendirian

Adapun fungsi dari pembuatan akta ini bagi perusahaan maupun lembaga diantaranya adalah melegalkan perusahaan maupun lembaga tersebut di mata hukum.

Jika Anda sudah mengantongi akta ini maka secara otomatis perusahaan maupun lembaga tersebut sudah legal di mata hukum khususnya oleh Kementerian Hukum dan HAM.

Dengan begitu, apabila dalam prosesnya terdapat suatu kendala, dalam akta sudah jelas mengenai proporsi pembagian keuntungan sebuah perusahaan maupun lembaga.

Akta pendirian juga dapat memberikan kejelasan status kepemilikan yang sah. Misalnya pada saat ada proses pembelian ataupun penjualan saham oleh mitra Anda, hal-hal yang tidak diinginkan dapat diminimalisir. Hal ini dikarenakan Anda sudah mengantongi dokumen sah yang menerangkan kejelasan atau status kepemilikan perusahaan maupun lembaga. 

Selain itu, dengan adanya akta ini Anda bisa menggunakannya untuk mengurus atau dijadikan sebagai pendukung pembuatan dokumen lainnya. Misalnya Anda ingin mengurus surat Tanda Daftar Perusahaan (TDP) maupun Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP).

Dengan begitu Anda bisa melampirkan akta ini sebagai pendukung untuk pengurusan dokumen-dokumen lain. 

Cara Pembuatan Akta Pendirian

Apabila Anda sudah mengetahui pengertian dan fungsi dari akta pendirian itu sendiri, kini saatnya Anda siap untuk membuatnya.

Sebelum menyerahkan ke notaris, terlebih dahulu siapkan salinan KTP pendiri minimal 2 orang, salinan KK dan salinan KTP penanggung jawab, salinan PBB tahun terakhir, salinan surat kontrak, surat keterangan domisili perusahaan atau lembaga, dan foto kantor.

Usahakan Anda sudah menyiapkan semua berkas tersebut, karena hal ini juga bisa mempermudah petugas saat survei lokasi. Selain itu, berkas persyaratan tersebut juga bisa digunakan untuk mengurus keperluan SIUP atau PKP.

Perlengkapan berkas juga dapat mempengaruhi waktu pengerjaan. Apabila berkas yang dibutuhkan sudah siap semua, biasanya masa pengerjaannya sekitar 3 sampai 14 hari kerja

Sedangkan untuk biaya pembuatannya, biasanya sekitar 3 juta sampai 5 juta. Bisa juga tidak tetap menggunakan nilai ini dan tergantung kebijakan daerah masing-masing. Biaya tersebut hanya digunakan untuk pembuatan akta saja.

Apabila Anda hendak mengurus TDP, SIUP ataupun dokumen pengesahan lainnya, bisa jadi ada tambahan biaya tersendiri. Tentu tergantung dengan kebijakan daerah masing-masing tempat perusahaan maupun lembaga itu sendiri berada.

Baca juga:
Tahap untuk Membuat Surat Keterangan Usaha dan Manfaatnya

Demikianlah beberapa informasi mengenai akta pendirian yang bisa Anda ketahui. Ada baiknya Anda mengurus hal ini karena hal ini sangat penting. Apabila Anda memiliki kondisi tertentu terkait dengan hal ini, Anda bisa langsung menghubungi notaris terdekat.

Tulis Komentar