Waktu Baca / 2 Menit

Para fotografer pro yang sudah memiliki jam terbang tinggi pasti sangat akrab dengan kamera DSLR. Untuk memuluskan rencana hunting foto di alam terbuka, tentu tidak cukup jika hanya berbekal kamera. Perlu beberapa aksesoris kamera DSLR seperti tas, vertikal grip, filter, hingga baterai. Seperti apa sih fungsi dari aksesoris tersebut?

1. Tas

Jenis aksesoris ini sangat cocok untuk fotografer yang gemar bertualang ke berbagai tempat. Misalnya ke puncak gunung, padang rumput terbuka, dan lainnya. Bentuk tas khusus kamera memiliki desain yang berbeda dengan tas sekolah. Salah satu yang cukup populer berbentuk ikat pinggang karena dinilai praktis tanpa membebani tubuh sama sekali.

2. Vertikal Grip

Umumnya, jenis foto itu ada 2, yakni berbentuk landscape dan portrait. Bentuk landscape lebih cocok untuk objek berupa pemandangan alam. Sedangkan portrait cocok untuk objek seperti wajah manusia. Nah, untuk menyeimbangkan pegangan saat ingin menggunakan orientasi portrait, maka diperlukan vertikal grip.

3. Filter

Foto yang berkualitas diambil dengan penuh ketenangan. Lensa kamera yang rentan terhadap kotoran atau debu, tentu memerlukan pelindung khusus agar tidak mudah rusak. Maka dari itu, perlu sekali melengkapinya dengan filter agar kondisi lensa tetap bening. Filter juga berfungsi untuk mengurangi cahaya dan mengubah gambar jadi lebih detail.

4. Shutter Release

Shutter release yang dijual di pasaran memiliki 2 jenis, yakni berkabel dan wireless. Fotografer pro biasanya lebih suka yang model wireless sih. Fungsi shutter release antara lain bisa mengaktifkan shutter yang ada pada kamera meskipun jaraknya cukup jauh. Aksesoris ini memiliki peranan layaknya remote control yang digunakan untuk memindah channel TV.

5. Kit Pembersih

Tak hanya tubuh manusia yang memerlukan kotak perlengkapan kesehatan saat mengadakan perjalanan jauh. Kamera DSLR pun perlu perlengkapan pembersih agar kondisinya tetap fit meski berada di kondisi kurang menguntungkan sekalipun. Beberapa kit pembersih yang wajib dimiliki oleh fotografer pro antara lain lap microfiber dan cairan pembersih khusus.

6. Tripod

Ketika mau mengambil gambar, apakah tangan-tangan Anda sering gemetar? Hasil gambarnya pun bisa ditebak, yakni kurang halus dan banyak noise. Untuk menjaga ketenangan saat mengambil gambar, diperlukan tripod. Usahakan saat beli tripod, pilih yang memiliki kaki-kaki fleksibel dan berkemampuan bisa menahan beban kamera DSLR.

7. Kartu Memori

Kartu memori yang berkualitas tinggi rata-rata punya kecepatan saat beradaptasi dengan kamera ataupun ketika membaca data-data file. Dengan adanya kartu memori ini, kegiatan hunting foto di alam bebas jadi lebih menyenangkan. Sebab, gambar yang akan diabadikan jadi lebih banyak. Begitu sampai rumah, foto yang ingin diseleksi jadi lebih variatif.

8. Penutup Lensa Kamera

Fungsi penutup lensa kamera ini mirip-mirip dengan filter. Hanya saja aksesoris ini mampu melindungi lensa lebih dari debu, misalnya efek benturan atau kontak dengan sinar matahari secara langsung. Adanya filter dan penutup lensa kamera tentu bisa membuat kualitasnya tetap terjaga dalam waktu lama.

9. Baterai Cadangan

Tiap-tiap kamera DSLR memang sudah dibekali dengan baterai. Namun untuk perjalanan jarak jauh, tentu memerlukan baterai cadangan. Jangan sampai ketika baru beberapa kali digunakan, ternyata sudah habis baterainya. Meski perannya sebagai baterai cadangan, tetap harus pilih yang berkualitas baik agar tidak gampang gonta-ganti.

Baca juga : Sebelum Beli Grosir Bumbu Rempah, Cek Dulu Daftar Bahannya

Meskipun fungsinya sebagai pelengkap, keberadaan aksesoris kamera DSLR tersebut sangat penting bagi fotografer pro. Apalagi jika dunia fotografi sudah menjadi bagian dari pekerjaan sehari-hari. Maka kualitas foto yang dihasilkan harus konsisten karena tuntutan pasaran dari hari ke hari semakin tinggi.

Tulis Komentar