mbizmarket.co.id
mbizmarket.co.id

Dokumen Belanja Pengadaan Pemerintah

Merujuk pada Peraturan Presiden No. 16 tahun 2018 tentang kegiatan pengadaan di lingkup pemerintah, terdapat beberapa dokumen/surat yang biasa dikenal sebagai bukti transaksi, khususnya apabila transaksi dilakukan untuk pengadaan kondisi darurat dan/atau belanja dengan nominal tertentu. Dokumen tersebut diantaranya :

  1. Surat Pesanan (SP)

    Dokumen yang dibutuhkan untuk Belanja Barang di atas Rp 50 juta harus dilengkapi dokumen Surat Pesanan (SP).

  2. Surat Perintah Kerja (SPK)

    Dokumen yang dibutuhkan untuk Belanja Jasa mulai dari Rp 50 juta hingga 200 juta harus dilengkapi dengan Surat Perintah Kerja (SPK).

Dokumen tersebut berisikan informasi terkait pembelian barang/jasa kepada Penyedia/Penjual disertai tanda tangan dan materai yang dibutuhkan oleh Pejabat Pengadaan (PP) atau Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) sebagai Pembeli, maupun bagian Pengawasan Pengadaan sebagai bukti klaim agar proses transaksi lebih transparan.

Cara Bertransaksi dengan Menggunakan Dokumen Belanja Pemerintah :

  1. Sebagai Pembeli (PP atau PPK), silakan unduh (download) :

  • Surat Pesanan (SP) untuk Pengadaan Barang di sini

  • Surat Perintah Kerja (SPK ) untuk Pengadaan Jasa di sini

  1. Baca dan lengkapi informasi yang dibutuhkan. Jangan lupa sertakan materai Rp 6.000 dan tanda tangan di atas materai. Pindai (scan) dokumen untuk diunggah (upload) kemudian.

  1. Buka rincian Purchase Order (PO) pada transaksi terkait, kemudian unggah (upload) 2 lembar dokumen SP atau SPK dengan kondisi : 1 Dokumen yang sudah ditandatangani oleh pihak pembeli di atas materai dan 1 dokumen yang sudah ditandatangani tapi tanpa materai.

  1. Setelah PO diterima oleh Penjual, selanjutnya penjual akan mengunduh (download) 2 dokumen tersebut dan melengkapi informasi serta tanda tangan. Dokumen yang sudah bertandatangan diatas materai dari sisi pembeli cukup ditanda tangani oleh penjual. Dokumen yang berisikan hanya tanda tangan dari pembeli harus ditandatangan oleh penjual diatas materai.

  1. Setelah lengkap dan ditandatangani, 2 dokumen tersebut diunggah (upload) penjual di halaman rincian Purchase Order (PO) pada transaksi yang sama (bisa di tahap Purchase Order (PO) sebelum di lakukan konfirmasi PO).

  1. Langkah selanjutnya, Pembeli mengunduh (download) kembali 2 dokumen yang sudah dilengkapi Penjual sebagai bukti transaksi. Dokumen dengan tanda tangan pembeli di atas materai akan menjadi tanda bukti dan pegangan penjual dan dokumen dengan tanda tangan di atas materai akan menjadi tanda bukti dan pegangan pembeli.

Silakan unduh (download) dokumen Surat Pesanan (SP) dan/atau Surat Perintah Kerja (SPK) di bawah ini :

Metode Pembayaran

Ikuti Kami

Copyright mbizmarket.co.id © 2020. All rights reserved.